alexa snippet

AS Minta Pemimpin ASEAN Tekan Korut

AS Minta Pemimpin ASEAN Tekan Korut
AS meminta pemimpin ASEAN untuk menekan Korut terkait program rudal balistik dan nuklir mereka. Foto/Ilustrasi/Sindonews/Ian
A+ A-
JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mendesak pemimpin ASEAN untuk memberikan tekanan kepada Korea Utara (Korut) terkait dengan program nuklir mereka. Hal itu ditekankan Trump dalam pertemuan AS-ASEAN.

Menurut keterangan Wakil Duta Besar AS untuk ASEAN, Daniel Shield, masalah Korut memang menjadi menu utama pertemuan AS-ASEAN. Shield menuturkan, dalam pertemuan tersebut Trump juga menekankan akan tetap mempertahankan sanksi ekonomi kepada Korut.

“Korut tetap menjadi perhatian kami saat pertemuan AS-ASEAN. Presiden Trump menekankan bahwa sanksi ekonomi dan politik harus terus diberlakukan untuk Korut,” ujar Shield saat menggelar teleconfrence dengan sejumlah media pada Rabu (14/11/2017) di Jakarta.

“Trump dan (Menteri Luar Negeri AS Rex) Tillerson juga berbicara dengan para pemimpin negara anggota ASEAN yang menekankan bahwa program nuklir Korut harus segera dihentikan,” sambungnya.

Masalah Korut memang menjadi agenda utama Trump dalam kunjungan 12 harinya ke Asia. Sebelum di pertemuan ASEAN, Trump juga menyampaikan hal serupa saat berbicara dalam pertemuan APEC yang digelar di Vietnam pada pekan lalu.

Dalam pidatonya di APEC, Trump melemparkan sindiran kepada pemimpin Korut Kim Jong-un. Trump menyebut pemimpin Korut sebagai diktaktor yang memiliki fantasi liar, dan memiliki ambisi terhadap senjata nuklir.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top