alexa snippet

Jeda Uji Coba Rudal, Ini Kesibukan Kim Jong-un

Jeda Uji Coba Rudal, Ini Kesibukan Kim Jong-un
Pemimpin Korut Kim Jong-un tersenyum saat melakukan uji coba dan mengendarai traktor. Foto/Reuters/KCNA
A+ A-
SEOUL - Setelah melalui musim panas yang penuh dengan uji coba rudal an ledakan nuklir, pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mempunyai kesibukan baru. Diktator muda itu untuk sementara mengalihkan perhatiannya ke bidang lokakarya.

Sejumlah foto terbaru menunjukkan Kim Jong-un tengah memeriksa peralatan di sebuah pabrik traktor. Tidak cukup sampai di situ, ia juga mengendarai salah satu kendaraan dan tertawa bersama para pekerja.

Foto-foto ini seolah bagian dari sejumlah foto kegiatan Kim Jong-un dalam dua bulan terakhir di mana ia sempat mengunjungi peternakan, pabrik pembuat sepatu, kosmetik, dan truk.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel), antara tanggal 21 Juni dan 20 September, Jong-un tidak melakukan satu aktivitas publik yang berkaitan dengan ekonomi. Sebaliknya, ia fokus dan tampil dalam sejumlah acara termasuk uji coba rudal atau tur pabrik senjata.

Dimulainya kembali kegiatan publik dan terkait ekonomi bertepatan dengan jeda uji coba rudal. Tercatat, Korut belum menembakkan sebuah roket atau menguji senjata nuklir sejak meluncurkan rudal balistik di atas Jepang pada 15 September lalu.

Menurut pejabat Korsel waktu jeda dalam uji coba rudal sama dengan tahun-tahun sebelumnya dan Korut dipastikan akan terus melakukan inovasi agar senjata nuklirnya lebih mumpuni.

Juru bicara Kementerian Unifikasi Korsel, Baik Tae-hyun mengatakan, fokus baru pada pembangunan ekonomi bisa jadi upaya untuk menyatukan Korut dan memperkuat dukungan untuk kepemimpinan Kim Jong-un.

"Sementara Korea Utara masih menunjukkan keinginan untuk terus mengembangkan program nuklir dan misilnya, fokus mereka pada ekonomi juga membantu rakyat Korea Utara bersatu," kata Tae-hyun seperti disitat dari Reuters, Rabu (15/11/2017).

Sementara seorang seorang profesor studi Korea Utara di Universitas Korea di Seoul, Nam Sung-wook mengatakan, Korut mungkin mulai merasakan sejumput sanksi, diperkuat setelah uji coba nuklir keenam dan paling kuat pada bulan September, dan kepemimpinannya dapat ditekan untuk membatasi dampaknya.

"Kim Jong-un telah melakukan yang terbaik - mendorong rakyatnya untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat dan meningkatkan produksi.Merawat ekonomi dan rakyatnya adalah prioritas utama," cetus Sung-wook.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top