Ilmuwan Ciptakan Robot yang Bisa Mendengar Suara Orang Mati

Rabu, 22 November 2023 - 07:53 WIB
loading...
Ilmuwan Ciptakan Robot yang Bisa Mendengar Suara Orang Mati
Robot yang Bisa Mendengar Suara Orang Mati siap dihadirkan. FOTO/ WION NEWS
A A A
MENLO PARK - Ilmuwan dari University of California, San Francisco (UCSF) telah mengembangkan teknik robot untuk memahami mengapa orang mendengar "orang mati".



Teknik ini menggunakan robot untuk menyelidiki bagaimana otak manusia memproses informasi pendengaran, dengan fokus pada pengalaman orang yang mengaku mendengar suara orang yang sudah meninggal.

Teknik ini disebut "robot audio-visual". Robot ini dilengkapi dengan kamera dan mikrofon, serta perangkat lunak yang dapat menganalisis data visual dan audio.

Robot ini dapat digunakan untuk merekam dan melacak gerakan mata, bahasa tubuh, dan ekspresi wajah orang yang mendengar suara. Data ini kemudian dapat digunakan untuk mempelajari bagaimana otak orang tersebut memproses informasi pendengaran.

Dalam studi awal, para peneliti menggunakan robot audio-visual untuk meneliti 10 orang yang mengaku mendengar suara orang yang sudah meninggal.

Hasil studi menunjukkan bahwa orang-orang ini memiliki pola aktivitas otak yang berbeda saat mendengar suara dibandingkan dengan saat tidak mendengar suara.

Para peneliti mengatakan bahwa teknik ini dapat membantu mereka memahami lebih lanjut tentang pengalaman mendengar suara orang yang sudah meninggal.

Mereka berharap bahwa penelitian ini dapat membantu mengembangkan terapi baru untuk orang yang mengalami halusinasi pendengaran.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh teknik ini untuk memahami mengapa orang mendengar "orang mati":
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4270 seconds (0.1#10.140)