AS Uji Coba Rudal Baru Pengganti ATACMS, Diklaim Lebih Kuat!

Selasa, 21 November 2023 - 20:37 WIB
loading...
AS Uji Coba Rudal Baru Pengganti ATACMS, Diklaim Lebih Kuat!
AS tengah menguji coba rudal baru dan kuat pengganti rudal ATACMS. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) tengah menguji coba rudal baru dan kuat yang nantinya akan digunakan untuk menggantikan Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat MGM-140, atau ATACMS, yang memulai debutnya di medan perang Ukraina bulan lalu.

Program Precision Strike Missile (PrSM) telah dijalankan selama beberapa tahun dan dimaksudkan untuk memberikan unit artileri lapangan dukungan jarak jauh dan kemampuan serangan dalam. Selama demonstrasi pekan lalu di White Sands Missile Range di New Mexico, rudal tersebut lolos uji terbang kualifikasi produksi.

Angkatan Darat AS dalam pernyataan tanggal 16 November mengatakan mereka baru-baru ini menembakkan varian dasar rudal tersebut – yang disebut Inkrement 1 – dari Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi M142 (HIMARS) dalam uji coba yang “menunjukkan keterlibatan target yang berhasil.”

"Hasil awal menunjukkan rudal tersebut berkinerja secara nominal dalam hal prediksi lintasan penerbangan, tingkat kematian, sudut keterlibatan hampir vertikal, dan ketinggian ledakan," kata badan tersebut mengatakan dan laporan pengujian akhir diharapkan akan dirilis pada bulan Desember seperti dikutip dari Business Insider, Selasa (21/11/2023).

PrSM, yang dikembangkan oleh Lockheed Martin, adalah rudal balistik permukaan-ke-permukaan yang mampu bekerja dalam segala kondisi cuaca dan dapat dilengkapi dengan muatan munisi tandan, yang berarti dapat menyebarkan banyak bom kecil yang tersebar di suatu area di tengah penerbangan.

Menurut Pusat Dukungan Akuisisi Angkatan Darat AS, selain HIMARS, PrSM juga dapat ditembakkan dari Multiple Launch Rocket System (MLRS) M270A2.



Angkatan Darat AS mengatakan setelah uji coba minggu lalu bahwa varian dasar PrSM diharapkan dapat menggantikan persenjataan rudal ATACMS yang sudah menua, sebuah langkah yang secara signifikan akan memperluas jangkauan dan tingkat mematikan amunisi presisi jarak jauh milik militer AS.

"Varian masa depan akan berkonsentrasi pada peningkatan jangkauan dan keterlibatan target yang sensitif terhadap waktu, bergerak, mengeras, dan cepat berlalu,” jelas dokumen Pentagon tentang program PrSM.

Dengan jangkauan hampir 250 mil, PrSM melampaui jarak maksimum yang dapat ditempuh varian ATACMS mana pun (186 mil dengan hulu ledak kesatuan). Selain itu, pod peluncuran HIMARS mampu menampung dua PrSM, padahal hanya dapat menampung satu amunisi ATACMS, sehingga menggandakan volume tembakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)