alexa snippet

Dihujani Tembakan, Tentara Korut yang Membelot Kritis

Dihujani Tembakan, Tentara Korut yang Membelot Kritis
Tentara Korut yang membelot dalam keadaan kritis setelah dihujani tembakan oleh tentara Pyongyang. Foto/Istimewa
A+ A-
SEOUL - Pihak pemerintah dan militer Korea Selatan (Korsel) mengungkapkan bahwa tentara Korea Utara (Korut) yang mencoba membelot dalam keadaan kritis. Dikatakan bahwa tentara tersebut telah ditembak oleh beberapa tentara Korut.

Baca juga:
Tentara Korut Ditembak Militer Kim Jong-un saat Membelot ke Korsel

"Sampai pagi ini, kami mendengar dia tidak memiliki kesadaran dan tidak dapat bernapas sendiri tapi hidupnya bisa diselamatkan," kata Suh Uk, seorang pejabat militer Korea Selatan yang sedang memberi briefing kepada anggota parlemen.

Menurut Suh Uk, tentara Korut tersebut harus menjalani beberapa prosedur pembedahan. Lima peluru telah diekstraksi dari tubuh tentara itu sejauh ini.

"Tentara tersebut telah melesat ke arah perbatasan dengan kendaraan saat sebuah rodanya terlepas. Ia terpaksa melarikan diri di bawah berondongan tembakan dari tentara Korut yang menembakinya sebanyak 40 kali," ungkap Suh Uk seperti dilansir dari Reuters, Selasa (14/11/2017).

Dikatakan bahwa tentara tersebut telah ditembak oleh beberapa tentara Korut.

"Ia ditemukan tidak bersenjata dan dibawa ke pembedahan saat masih berseragam, yang mengindikasikan dia berpangkat rendah," kata Suh.

Suh juga mengatakan Korsel kemudian memberi tahu Korut pada hari Senin tentang tentara tersebut dan perawatannya yang terus berlanjut melalui pengeras suara yang dipasang di perbatasan.

Sementara itu Lee Cook-jong, ahli bedah yang menangani perawatan tentara tersebut, mengatakan bahwa kondisinya kritis karena kerusakan usus akibat terkena peluru.

Sementara itu juru bicara Kepala Staf Gabungan Korsel, Roh Jae-cheon mengatakan militer Korut memutuskan untuk mengambil tindakan setelah melihat kendaraan yang dikendarai pembelot tersebut menuju ke perbatasan.

Roh mengatakan tidak ada tentara Korsel atau AS yang terluka dalam insiden tersebut dan pejabat kementerian pertahanan mengatakan militer Korut tidak menunjukkan adanya gerakan yang tidak biasa pada hari ini.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top