Putin dan Trump Sepakat Tidak Ada Solusi Militer di Suriah

Minggu, 12 November 2017 - 14:32 WIB
Putin dan Trump Sepakat Tidak Ada Solusi Militer di Suriah
Putin dan Trump Sepakat Tidak Ada Solusi Militer di Suriah
A A A
MOSKOW - Kremlin menuturkan, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah sepakat bahwa tidak ada solusi militer untuk perang di Suriah.

"Kedua Presiden setuju, bahwa konflik di Suriah tidak dapat diselesaikan melalui jalur militer. Keduanya juga mengkonfirmasi tekad mereka untuk mengalahkan ISIS," kata Kremlin dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (12/11).

Menurut Kremlin, keduanya bertemu dan berbicara di sela-sela pertemuan puncak APEC di Vietnam, setelah beberapa hari mengalami ketidakpastian mengenai apakah pertemuan akan berlangsung.

"Presiden mengkonfirmasi komitmen mereka terhadap kedaulatan, kemerdekaan, kesatuan, integritas teritorial dan sifat sekuler Suriah, dan mendesak pihak yang berperang untuk berpartisipasi dalam perundingan perdamaian yang dipimpin PBB di Jenewa," sambungnya.

Menurut Kremlin, Putin dan Trump juga menyatakan kepuasan dengan upaya untuk mencegah insiden antara pasukan Rusia dan AS di Suriah, yang memungkinkan untuk meningkatkan kerugian ISIS di medan perang dalam beberapa bulan terakhir.

Militer Rusia baru-baru ini menuduh Amerika Serikat hanya "berpura-pura" untuk melawan ISIS di Irak dan menghalangi serangan yang didukung Rusia di Suriah timur.

"Presiden membahas perlunya mengurangi penderitaan manusia di Suriah, dan meminta semua negara anggota PBB untuk meningkatkan kontribusi mereka untuk membantu memenuhi kebutuhan kemanusiaan dalam beberapa bulan mendatang," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3396 seconds (0.1#10.140)