8 Simbol yang Menjadi Identitas Palestina, dari Keffiyeh hingga Handala

Selasa, 21 November 2023 - 09:05 WIB
loading...
8 Simbol yang Menjadi Identitas Palestina, dari Keffiyeh hingga Handala
Bangsa Palestina memiliki banyak simbol yang menunjukkan perjuangan mereka. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Di ratusan kota di seluruh dunia, para demonstran berunjuk rasa dalam solidaritas dengan warga Palestina di Gaza, dengan mengenakan hiasan kepala khas Palestina berwarna hitam-putih yang dikenal sebagai keffiyeh.

Diantaranya, para demonstran membawa kunci besar, kartun yang menggambarkan seorang anak dengan punggung menghadap, dan bahkan gambar semangka, yang masing-masing mewakili cara berbeda dalam mendukung perjuangan Palestina.

Berikut adalah 8 simbol yang menjadi identitas perjuangan Palestina.

1. Keffiyeh

8 Simbol yang Menjadi Identitas Palestina, dari Keffiyeh hingga Handala

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Keffiyeh, juga dieja kuffiya, adalah hiasan kepala berbahan katun berbentuk persegi dengan pola kotak-kotak khas yang dikenakan di banyak wilayah Arab.

Varian hitam-putih, yang dikenakan oleh pria dan wanita Palestina, melambangkan perjuangan Palestina untuk menentukan nasib sendiri, keadilan dan kebebasan.

Pakaian tersebut, awalnya digunakan untuk melindungi individu di Timur Tengah dari sinar matahari, mendapatkan popularitas selama Revolusi Arab melawan pemerintahan kolonial Inggris pada tahun 1930an.

Keffiyeh juga merupakan merek dagang pribadi Yasser Arafat, mendiang pemimpin Palestina. Dia akan memakainya dilipat dalam bentuk segitiga dan disampirkan di bahunya, menutupi kepalanya.

Saat ini, keffiyeh telah diadopsi secara global oleh individu, aktivis dan organisasi untuk mendukung perjuangan Palestina.

2. Pohon Zaitun

8 Simbol yang Menjadi Identitas Palestina, dari Keffiyeh hingga Handala

Foto/Reuters

Pohon zaitun memiliki akar sejarah dan budaya yang kuat di Palestina, dan cabang-cabangnya telah dikaitkan dengan perdamaian dan kemakmuran selama berabad-abad.

Pohon-pohon yang kuat dapat mengatasi kekeringan, suhu di bawah nol, embun beku, dan bahkan kebakaran. Mereka melambangkan ketahanan Palestina melawan pendudukan Israel dan hubungan mereka dengan tanah air.

Budidaya zaitun memainkan peran penting dalam perekonomian Palestina melalui produksi minyak zaitun, zaitun meja, dan sabun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1051 seconds (0.1#10.140)