Lewat Telepon, Poroshenko dan Tillerson Bahas Krisis Ukraina

Minggu, 05 November 2017 - 19:32 WIB
Lewat Telepon, Poroshenko dan Tillerson Bahas Krisis Ukraina
Lewat Telepon, Poroshenko dan Tillerson Bahas Krisis Ukraina
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Petro Poroshenko dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson dilaporkan telah melakukan pembicaraan melalui telepon, semalam. Fokus pembicaraan keduanya adalah mengenai krisis di Ukraina Timur.

Menurut keterangan kantor Poroshenko, keduanya membahas mengenai langkah lebih lanjut untuk pembentukan misi internasional PBB di Donbass. Misi memiliki tugas sebagai pengawas konflik yang sudah berlangsung selama tiga tahun itu.

"Keduanya menyatakan kepuasan atas pelaksanaan kesepakatan yang dicapai antara Presiden Ukraina dan AS dalam pertemuan mereka di New York," bunyi keterangan kantor Poroshenko, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (5/11).

"Poroshenko, dan Tillerson mengkoordinasikan langkah lebih lanjut untuk penyebaran misi PBB di bagian yang diduduki dari Donbass, termasuk bagian yang tidak dikendalikan pemerintah di wilayah perbatasan Rusia-Ukraina," sambungnya.

Pada bulan April, Poroshenko menyarankan pengerahan pasukan perdamaian PBB di Donbass, dengan Kremlin menanggapi pentingnya konsultasi di antara semua pihak, termasuk pihak yang yang memproklamirkan diri timur Ukraina.

Pada awal September, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan dukungannya atas gagasan tersebut, namun menegaskan bahwa misi itu seharusnya hanya bekerja untuk memastikan keamanan Organisasi Keamanan dan Kerja Sama Eropa (OSCE), dengan penjaga perdamaian hanya ditempatkan di jalur kontak antara pihak yang bertikai.

Kiev, pada gilirannya, menyatakan tidak setuju dengan usulan Moskow, dan menyebut Putin telah salah mengartikan usulan yang disampaikan oleh Poroshenko di awal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4670 seconds (0.1#10.140)