Presiden Abbas: Darah Rakyat Palestina Akan Jadi Kutukan bagi Israel

Kamis, 16 November 2023 - 22:44 WIB
loading...
Presiden Abbas: Darah Rakyat Palestina Akan Jadi Kutukan bagi Israel
Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas mengutuk serangan Israel ke Gaza. Foto/Anadolu
A A A
GAZA - Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas mengatakan darah rakyat Palestina akan menjadi “kutukan bagi Israel dan mereka yang berdiri di di belakangnya.”

Abbas menyampaikan komentarnya dalam pidato peringatan 35 tahun Deklarasi Kemerdekaan oleh mendiang Presiden Yasser Arafat pada tanggal 15 November 1988, di hadapan Dewan Nasional Palestina yang diadakan di Aljazair.

“Perang agresif yang tidak adil yang kita hadapi adalah perang melawan keberadaan Palestina dan identitas nasional Palestina; identitas tanah dan identitas manusia. Ini adalah sebuah episode dari rangkaian agresi [Israel] yang berkelanjutan,” kata Abbas, dilansir Middle East Monitor “Ini juga merupakan aib bagi mereka yang mendukung agresi ini dan memberikan kedok politik dan militer.”



Jalur Gaza adalah bagian integral dari wilayah Negara Palestina, tegas pemimpin veteran Palestina tersebut sambil menekankan bahwa prioritas pertama adalah menghentikan “agresi biadab” dan “mencegah pertumpahan darah lebih lanjut.”

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi mengecam “keheningan yang tidak dapat diterima” Dewan Keamanan PBB terhadap “brutalitas” tentara pendudukan Israel dalam menyerbu Rumah Sakit Al-Shifa di Kota Gaza.

“Penderitaan di Rumah Sakit Al-Shifa menunjukkan kebiadaban yang dibiarkan oleh diamnya Dewan Keamanan PBB,” tulis Al-Safadi di X.

“Bagaimana bisa Dewan tetap diam mengenai pemaksaan anak-anak keluar dari inkubator? Kami mengutuk sikap diam atas kebrutalan ini, karena hal ini justru menutupi kejahatan perang. Hal ini tidak dapat diterima dan tidak dapat dibenarkan, dan Dewan harus bertindak.”

Saat fajar pada hari Rabu, tentara pendudukan Israel menyerbu kompleks rumah sakit dalam operasi militer yang oleh para saksi mata digambarkan sebagai “mimpi buruk”, meskipun kompleks tersebut penuh dengan warga Palestina yang sakit, terluka dan terlantar, serta staf medis. Lusinan mayat tergeletak tak terkubur di halaman rumah sakit ketika penembak jitu Israel menargetkan siapa pun yang mencoba meninggalkan kompleks tersebut.

Menurut kantor media pemerintah di Gaza, hampir 1.500 staf medis dan sekitar 700 pasien, 39 bayi prematur, dan 7.000 pengungsi masih berada di dalam Rumah Sakit Al-Shifa.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)