Hari Ini, Raja Bhumibol Adulyadej Akan Dikremasi

Kamis, 26 Oktober 2017 - 06:01 WIB
Hari Ini, Raja Bhumibol Adulyadej Akan Dikremasi
Hari Ini, Raja Bhumibol Adulyadej Akan Dikremasi
A A A
BANGKOK - Thailand pada hari Rabu menandai dimulainya pemakaman lima hari yang mewah untuk Raja Bhumibol Adulyadej. Hal itu ditandai dengan sebuah upacara keagamaan Buddha yang dihadiri oleh anggota senior keluarga kerajaan.

Raja Bhumibol, yang meninggal tahun lalu dalam usia 88 tahun, akan dikremasi pada hari ini, Kamis (26/10/2017) dengan pembakaran batu bara di kompleks kremasi paviliun emas di depan Istana Besar Bangkok, dalam sebuah upacara yang diharapkan dapat menarik sekitar 250.000 orang.

Thailand telah menjalani satu tahun berkabung untuk Raja Bhumibol, yang dianggap sebagai pilar stabilitas selama pemerintahan tujuh dekade yang menyaksikan pergolakan politik dan perkembangan pesat di negara Asia Tenggara.

"Ini besar sekali. Saya sudah berada di sini selama dua hari dan saya ingin melihat ayah kami ke surga," kata seorang pelayat, Aporn Wongdee (60) yang berasal dari provinsi selatan Nakhon Si Thammarat seperti dikutip dari Reuters.

Seorang pejabat yang terlibat dalam persiapan pemakaman mengatakan bahwa sekitar USD90 juta telah disisihkan untuk pemakaman tersebut, yang tidak pernah dilakukan di Thailand.

Raja Maha Vajiralongkorn, yang dikenal sebagai Rama X, yang mewarisi takhta pada bulan Desember dengan kematian ayahnya, tiba di Grand Palace dengan mobil pada hari Rabu saat tentara mengenakan seragam merah dan topi hitam menjadi perhatian.

Dia diapit oleh kedua putrinya. Gambar televisi langsung dari dalam istana menunjukkan raja menyalakan lilin di depan peti mati ayahnya dan sebuah guci kerajaan simbolis.

Upacara pemakaman Buddha, yang dicampur dengan ritual Hindu, dihadiri oleh 119 biksu Buddha yang meneriakkan doa dalam bahasa Pali kuno.

Antrian pelayat berpakaian hitam, banyak diantaranya membawa potret raja, meliuk-liuk di sekitar bagian kota tua Bangkok, menunggu untuk memasuki area kremasi. Pada siang hari, 25.000 orang berkabung berkumpul di sekitar tempat kremasi, kata polisi kota.

Dalam apa yang diharapkan menjadi pagi yang emosional, tubuh Raja Bhumibol akan dipindahkan pada hari Kamis dari Grand Palace ke sebuah krematorium di lapangan umum, di mana ribuan orang telah memasang tenda untuk mendapatkan tempat.

Pada hari Kamis, tiga prosesi akan berjalan dari istana ke tempat kremasi - serangkaian paviliun Thailand yang didirikan khusus yang membutuhkan waktu hampir setahun untuk dibangun.

Beberapa orang Thailand telah melipat bunga kertas cendana untuk digunakan dalam kremasi, dengan keyakinan bahwa wewangian mereka membimbing jiwa orang-orang yang pergi ke surga.

Hari kremasi telah dinyatakan sebagai hari libur nasional, saat bank akan ditutup dan pusat perbelanjaan besar akan ditutup dari pukul 3 sore.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4472 seconds (0.1#10.140)