Perbedaan Hard News dan Soft News Beserta Contohnya

Selasa, 14 November 2023 - 09:20 WIB
loading...
Perbedaan Hard News dan Soft News Beserta Contohnya
Berita dibagi menjadi dua jenis, yaitu hard news dan soft news. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Berita adalah laporan mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang terbaru (aktual). Berita juga laporan mengenai fakta-fakta yang aktual, menarik perhatian, dinilai penting, atau luar biasa.

Berita dapat diartikan sebagai suatu laporan atau narasi tentang peristiwa, fakta, atau informasi terbaru yang penting dan menarik bagi khalayak umum.

Berita dibagi menjadi dua jenis, yaitu hard news dan soft news. Jenis berita ini dapat dilihat perbedaannya berdasarkan ciri-cirinya. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak informasinya di bawah ini.

Perbedaan Hard News dan Soft News Beserta Contohnya

Pengertian Hard News


Hard news adalah jenis berita yang memberikan informasi yang bersifat serius, aktual, dan berfokus pada peristiwa-peristiwa terkini yang memiliki dampak besar terhadap masyarakat. Hard news umumnya memberikan fakta-fakta yang objektif dan mendalam tentang kejadian-kejadian penting, seperti peristiwa politik, kecelakaan, peristiwa internasional, bencana alam, dan perkembangan ekonomi.

Baca juga: 10 Contoh Soal Teks Fiksi untuk Siswa Kelas 6 SD, Membangun Imajinasi

Ciri-ciri Hard News


1. Objektivitas

Hard news berusaha memberikan informasi secara obyektif tanpa adanya opini atau pandangan subjektif dari wartawan. Tujuannya adalah menyajikan fakta-fakta yang akurat.

2. Kecepatan

Hard news umumnya disajikan secara cepat untuk menjawab kebutuhan audiens akan informasi terkini. Breaking news atau berita mendesak adalah contoh umum dari hard news yang harus disampaikan secepat mungkin.

3. Fokus pada Fakta Utama

Hard news memberikan perhatian pada fakta-fakta pokok yang relevan dengan peristiwa yang dilaporkan. Wartawan hard news berusaha menyajikan informasi yang penting dan signifikan.

4. Penting dan Aktual
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5113 seconds (0.1#10.140)