alexa snippet

Trump Sesumbar Bisa Tekan Iran tanpa Bantuan Uni Eropa

Trump Sesumbar Bisa Tekan Iran tanpa Bantuan Uni Eropa
Presiden Amerika Serikat Donald John Trump. Foto/REUTERS/Yuri Gripas
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Donald Trump mengatakan, Uni Eropa akan mendukung sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Iran jika dia berkeras. Namun, dia mengizinkan Jerman dan Prancis untuk terus menghasilkan uang dengan Teheran karena Amerika mampu menekan Iran sendirian.

Presiden Trump ketika ditanya Fox News apakah Eropa akan mendukung strategi barunya di Iran, Trump menjawab bahwa dia memiliki hubungan yang sangat hangat dengan pemimpin Prancis dan Jerman.

”Mereka adalah teman baik saya. Mereka sebenarnya bergaul dengan saya, mereka semua, entah itu Emmanuel (Macron) atau apakah Angela (Merkel). Saya sangat menyukai orang-orang itu,” katanya mengacu pada sosok Presiden Prancis dan Kanselir Jerman.

Trump lantas melanjutkan soal strateginya terhadap Teheran. “Saya mengatakan kepada mereka (Uni Eropa); ‘Teruslah menghasilkan uang. Jangan khawatir tentang hal itu. Kami tidak membutuhkan Anda untuk ini’,” ucap Trump, yang dilansir Senin (23/10/2017).

Dia mengungkapkan keyakinannya bahwa Eropa enggan mendukung tekanan anti-Iran untuk alasan ekonomi semata.

”Ketika Iran membeli barang-barang dari Jerman dan dari Prancis ini memungkinkan mereka menghasilkan miliaran dolar,” kata Trump. ”Ketika mereka (orang Iran) membeli barang-barang itu, agak sulit bagi negara-negara tersebut untuk melakukan sesuatu,” katanya.

Namun, presiden AS menyimpulkan bahwa Uni Eropa akan ikut menekan Iran jika dia memintanya.”Apakah mereka (Uni Eropa) melakukannya jika saya benar-benar berkeras? Saya yakin mereka akan melakukannya,” ujarnya.

Pada pertengahan Oktober ini, Trump mengumumkan bahwa AS tidak jadi mencabut diri dari kesepakatan nuklir Iran tahun 2015. Namun, dia memberikan waktu 60 hari bagi Kongres untuk bersikap, apakah harus mengembalikan sanksi keras terhadap Teheran atau tidak. Pengembalian sanksi itu berimplikasi pada hancurnya kesepakatan nuklir Teheran.

Kesepakatan nuklir itu disepakati Iran dengan enam kekuatan dunia (AS, Rusia, Inggris, Prancis, Jerman dan China). Dalam kesepakatan itu, Iran bersedia mengekang program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi atau embargo yang bertahun-tahun menyengsarakan Teheran.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top