alexa snippet

Trump Sebut Akhir ISIS Sudah Dekat

Trump Sebut Akhir ISIS Sudah Dekat
Presiden AS Donald Trump menyatakan, bebasnya Raqqa dari ISIS merupakan tanda berakhirnya kiprah kelompok pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi tersebut. Foto/Reuters
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan, bebasnya Raqqa dari ISIS merupakan tanda berakhirnya kiprah kelompok pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi tersebut. Pada pertengahan pekan lalu, Pasukan Demokratik Suriah atau SDF, yang dibantu oleh koalisi pimpinan AS, menyatakan telah sukses merebut Raqqa dari ISIS.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Trump mengatakan bahwa dia dengan senang hati mengumumkan pembebasan seluruh kota Raqqa dari tangan ISIS. "Kekalahan ISIS di Raqqa merupakan terobosan penting dalam kampanye kami di seluruh dunia untuk mengalahkan ISIS dan ideologinya yang jahat," kata Trump, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (22/10).

"Dengan pembebasan ibukota ISIS dan sebagian besar wilayahnya, akhir dari kekhalifahan kelompok tersebut sudah terlihat," sambungnya, merujuk pada Raqqa.

Trump kemudian mengatakan, AS akan segera beralih ke fase baru untuk mendukung pasukan keamanan lokal, menurunkan tingkat kekerasan di seluruh Suriah, dan mencptakan kondisi untuk perdamaian abadi dan untuk mencegah teroris tidak menjadi ancaman lagi.

"Bersama dengan sekutu dan mitra kami, kami akan mendukung perundingan diplomatik yang mengakhiri kekerasan, memungkinkan pengungsi kembali ke rumah dengan selamat, dan menghasilkan transisi politik yang menghormati kehendak rakyat Suriah," tambahnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top