15 Jurusan Politeknik Negeri Surabaya, Sekolah Vokasi Terbaik di Indonesia

Senin, 13 November 2023 - 11:26 WIB
loading...
15 Jurusan Politeknik Negeri Surabaya, Sekolah Vokasi Terbaik di Indonesia
Politeknik Negeri Surabaya atau dikenal dengan nama Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menjadi politeknik terbaik di Indonesia menurut lembaga pemeringkat Webometrics 2023.Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Ini 15 jurusan di Politeknik Negeri Surabaya (PENS) . Politeknik Negeri Surabaya atau yang lebih dikenal dengan nama Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) begitu populer karena menjadi politeknik terbaik di Indonesia menurut lembaga pemeringkat Webometrics 2023.. Artikel kali ini akan membahas 15 jurusan di PENS yang bisa jadi referensi kamu untuk mendaftar di 2024.

15 Jurusan Politeknik Negeri Surabaya (PENS)

Program Studi Diploma III


1. Teknik Elektronika


Teknik Elektronika adalah ilmu yang mempelajari mengenai listrik arus lemah, antara lain rangkaian listrik, transistor, IC dan sebagainya. Program studi ini menitikberatkan pada mutu lulusan yang kompeten dan memiliki kualifikasi di bidang rekayasa Elektronika. Dengan perbedaan pada taraf kemampuan analisa dan penyelesaian permasalahan yang lebih tinggi pada program Diploma IV dibandingkan Diploma III.

2. Teknik Telekomunikasi


Program studi Teknik Telekomunikasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, didirikan atas dasar besarnya kebutuhan masyarakat akan lulusan yang memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam bidang Sistem Telekomunikasi.

Program studi Teknik Telekomunikasi menyelenggarakan proses pendidikan yang berkualitas dengan menyelenggarakan suasana akademik yang kondusif untuk meningkatkan mutu pendidikan di bidang Jaringan Telekomunikasi.

Lulusan program studi Teknik Telekomunikasi memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam merencanakan, mengimplementasikan dan menganalisa di bidang jaringan telekomunikasi dengan menjunjung tinggi nilai ketuhanan, beretika moral dan profesional untuk memasuki dunia kerja.

3. Teknik Elektro Industri


Jurusan Teknik Elektro Industri didirikan pada tahun 1991 berdasarkan Kepmen No. 0313/O/1991. Jurusan Teknik Elektro Industri menerima mahasiswa jenjang pendidikan Program D3 yang akan ditempuh selama 3 tahun. Jurusan ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan ahli madya yang berakhlak mulia, berpikiran terbuka dan siap bersaing dalam pasar global, dengan cara memberikan lingkungan dan suasana akademik yang baik kepada para mahasiswa.

4. Teknik Informatika

Awalnya, Program Studi Teknik Infomatika di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dikenal dengan nama Teknologi Informasi. Namun, sejak tahun 2009 Program Studi Teknologi Informasi berubah nama menjadi Program Studi Teknik Infomatika.

Program Studi D3 Teknik Informatika ini setiap tahunnya menerima 60 mahasiswa yang terbagi di dalam 2 kelas. Program studi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga muda yang terampil dan profesional di bidang Teknologi Informasi melalui pemanfaatan Ilmu Komputer, di antaranya desain algoritma dan implementasinya untuk mengembangkan perangkat lunak yang berkualitas.


5. Teknologi Multimedia Dan Broadcasting


Mahasiswa Program Diploma III Teknologi Multimedia Broadcasting umumnya akan mendapatkan materi Skill dan Knowledge tentang elektronika umum, sistem pemancar radio dan televisi, sistem studio siaran radio dan TV.

Tak hanya itu saja, mahasiswa prodi ini juga akan mempelajari tools untuk pengembangan konten multimedia seputar animasi 2D/3D, editing foto/video, penggunaan kamera, lighting, dan untuk segi broadcastingnya melalui jaringan internet.

Nantinya, lulusan dari prodi ini diharapkan mampu terlibat dalam pekerjaan mengoperasikan dan memelihara fasilitas broadcasting dan peralatan-peralatan di stasiun pemancar radio atau pun Televisi, atau di industri media yang lain.

Program Studi Sarjana Terapan


6. Teknik Elektronika


Program Sarjana Terapan Teknik Elektronika di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya memfokuskan mahasiwanya untuk mampu menerapkan matematika, sains dan prinsip rekayasa ke dalam perancangan. Tak hanya itu saja, mahasiswa program ini juga diajarkan untuk mampu menganalisa dan trouble shooting sistem elektronika secara umum dengan menggunakan metodologi yang sudah ada.

7. Teknik Telekomunikasi


Selain Program Diploma III, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya juga memiliki Program Sarjana Terapan untuk Jurusan Teknik Telekomunikasi.

8. Teknik Elektro Industri


Program Studi Teknik Elektro Industri juga menerima mahasiswa jenjang pendidikan Program Sarjana Terapan (D-IV). Prodi ini diselenggarakan untuk menghasilkan lulusan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pelatihan untuk pelayanan industri dalam skala nasional maupun internasional.

Dengan tujuan ingin menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, berpikiran terbuka dan siap bersaing dalam pasar global, dengan cara memberikan lingkungan dan suasana akademik yang baik kepada para mahasiswa. Serta berperan secara aktif dalam pengembangan dan peningkatan pendidikan politeknik dalam skala nasional maupun internasional, khususnya di bidang Teknik Elektro Industri.

9. Teknik Informatika


Program Studi Teknik Informatika juga menerima mahasiswa jenjang pendidikan Program Sarjana Terapan (D-IV). Politeknik Elektronika Negeri Surabaya mulai menerima mahasiswa untuk Program Sarjana Terapan mulai tahun 2003. Prodi ini diselenggarakan dengan misi untuk menjadi pusat unggulan pendidikan Teknologi Rekayasa di bidang Emerging technologi, yang terkait dengan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam skala nasional maupun internasional.

10. Teknik Komputer


Prodi Teknik Komputer umumnya akan membekali mahasiswa dengan kemampuan dasar teori dan praktek yang mempunyai komposisi seimbang. Sehingga mahasiswa mampu mengikuti mata kuliah sekaligus mampu mengembangkan teknologi dibidang Komputer.

Kurikulum Program Studi Teknik Komputer bersifat terstruktur, artinya hampir semua mata kuliah teori dan praktikum diselenggarakan di Laboratorium. Lulusan prodi ini nantinya akan mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapan (SST).

11. Teknik Mekatronika


Teknik Mekatronika adalah suatu ilmu yang mengkombinasikan secara sinergis rekayasa mekanika, elektronika, dan kontrol. Istilah ini dicetuskan pertama kali oleh Tetsuro Mori dari Yasakawa Electric Company, Jepang pada tahun 1969. Pada awal perkembangannya, mekatronika hanya mencakup unsur mekanika dan elektronika saja.

12. Sistem Pembangkit Listrik


Sistem Pembangkit Energi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari proses konversi dan pembangkitan energi khususnya energi listrik. Dengan mempelajari konsep dasar termodinamika dan rangkaian listrik sebagai salah satu aspek penting dalam analisis teknik diharapkan menjadi dasar dalam pengembangan bidang kelistrikanan dan energi.

Dengan kata lain, Program Studi Sistem Pembangkit Energi membekali mahasiswa dengan penguasaan ilmu dan pengetahuan tentang konversi energi secara mendalam.

13. Teknologi Game


Program studi Sarjana Terapan Teknologi Game umumnya akan memfokuskan mahasiswa untuk empat kemampuan dasar yang dapat mendukung tumbuh kembang industri game. Yaitu kemampuan teknis, kemampuan desain, kemampuan social dan komunikasi, dan kemampuan bisnis untuk berwirausaha di bidang industri game.

Program Studi Pascasarjana


14. Teknik Elektro


Teknik Elektro adalah bidang ilmu profesional yang mempelajari aplikasi kelistrikan, elektronika, dan elektromagnet. Program Pascasarjana Teknik Elektro ini diselenggarakan dengan visi untuk menjadi pusat unggulan pendidikan terapan jenjang magister pada bidang teknik elektro dalam skala nasional dan internasional.

15. Teknik Informatika dan Komputer


Program Pascasarjana Teknik Informatika dan Komputer diselenggarakan dengan visi untuk menjadi pusat unggulan pendidikan terapan jenjang magister pada bidang teknologi rekayasa Informatika dan Komputer dalam skala nasional dan internasional.

Proses pendidikan jurusan ini ditekankan pada kemampuan praktis dengan porsi praktek di laboratorium seimbang dengan teori di ruang kelas. Untuk menunjang proses belajar mengajar, program studi Teknik Telekomunikasi dilengkapi dengan beberapa Laboratorium.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)