Rusia Minta AS Percepat Penghancuran Senjata Kimia

Kamis, 19 Oktober 2017 - 14:31 WIB
Rusia Minta AS Percepat Penghancuran Senjata Kimia
Rusia Minta AS Percepat Penghancuran Senjata Kimia
A A A
NEW YORK - Amerika Serikat (AS) dan negara-negara lain untuk mengikuti contoh Rusia dan melakukan penghentian persenjataan kimia mereka. Hal itu diungkapkan oleh seorang diplomat senior Rusia.

"Kami telah mewarisi gudang senjata pemusnah massal terbesar di dunia, dan kami melakukan rencana untuk menghancurkannya dengan itikad baik," kata Vladimir Yermakov, wakil kepala Departemen Luar Negeri untuk Kontrol Senjata dan Non-Proliferasi.

Berbicara di depan sidang Komite Pertama Majelis Umum PBB, diplomat tersebut menegaskan kembali komitmen Rusia untuk menghormati kewajibannya berdasarkan kesepakatan internasional.

"Kami menyerukan kepada semua negara yang masih memiliki senjata kimia untuk segera mengikuti contoh Rusia," seru Yermakov seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (19/10/2017).

"Ini terutama menyangkut negara yang telah memulai konvensi tersebut dan selalu menjadi promotor gagasannya dan sekarang karena beberapa alasan tetap menjadi pemilik stok senjata kimia terbesar," tambahnya, tampaknya mengacu pada AS.

Dia juga mengungkapkan kebingungan pada fakta bahwa AS, sementara memiliki persenjataan senjata kimia terbesar di dunia, telah berusaha untuk membayangi prestasi besar negara lain, seperti Suriah.

Yermakov juga mengucapkan terima kasih kepada beberapa negara yang telah berkontribusi secara finansial terhadap program penghancuran senjata kimia Rusia, seperti AS, Inggris, Italia, Polandia, Jerman dan Prancis.

Rusia menghancurkan persediaan bahan kimia terakhirnya pada akhir September lalu. Presiden Vladimir Putin secara pribadi memantau proses ini melalui link TV dan menyebutnya sebagai peristiwa bersejarah.

Pada tanggal 9 Oktober, Putin memerintahkan pembubaran Komisi Negara untuk Menghancurkan Senjata Kimia, karena badan ini tidak lagi memiliki tujuan untuk melayani.

Pada akhir September, AS mengumumkan rencana untuk menghancurkan stok senjata kimia mereka sendiri pada akhir 2023.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3399 seconds (0.1#10.140)