Eksodus Berlanjut, 20 Ribu Rohingya Tiba di Perbatasan Bangladesh

Rabu, 18 Oktober 2017 - 14:53 WIB
Eksodus Berlanjut, 20 Ribu Rohingya Tiba di Perbatasan Bangladesh
Eksodus Berlanjut, 20 Ribu Rohingya Tiba di Perbatasan Bangladesh
A A A
DHAKA - Gelombang pengungsi Rohingya yang mencapai perbatasan Bangladesh kembali terjadi. Kondisi ini semakin memperdalam krisis yang telah membuat lebih dari setengah juga orang eksodus ke salah satu negara berpenduduk paling padat di dunia dalam rentang waktu kurang dari delapan minggu.

Diperkirakan 20.000 Rohingya tiba pada hari Senin untuk memasuki desa Anjumanpara di distrik Palongkhali. Kedatangan mereka membuat jumlah pengungsi yang tiba di daerah perbatasan selama seminggu terakhir mencapai sekitar 38.000 orang.

"Aliran masuk terus berlanjut," ujar Sekretaris gabungan Komisi Penanggulangan Pengungsi dan Pengungsi Bangladesh, Mohammad Abul Kalam.

"Kira-kira seminggu yang lalu arus masuk nampaknya turun, tapi kemudian dipercepat lagi," imbuhnya seperti dikutip dari Time, Rabu (18/10/2017).

Ribuan pengungsi tiba Senin pagi, menumpuk di sawah di sisi perbatasan Bangladesh. Beberapa orang berdiri di lumpur tebal berjam-jam karena penjaga perbatasan mencegah mereka berjalan lebih jauh ke pedalaman ke kamp-kamp pengungsi dimana banyak teman dan anggota keluarga mereka.

Ribuan lagi berbaris di belakang mereka, sebuah garis berwarna dari jilbab dan payung menjangkau cakrawala. Banyak, mungkin sebagian besar, masih berdiri di atas tanah, di luar pagar yang menandai perbatasan Myanmar namun belum berada di wilayah Bangladesh.

"Masih banyak lagi yang menunggu di sisi lain," kata Kalam.

Dengan begitu banyak mulut baru untuk di beri makan dan penduduk lokal mulai merasakan beban krisis, dia menekankan bahwa sekarang tanggung jawab moral masyarakat internasional untuk berdiri bersama Bangladesh.

Para pekerja bantuan menghampiri para pengungsi yang lelah dan mengalami dehidrasi saat mereka menunggu kabar dari pihak berwenang mengenai kapan mereka bisa masuk. Mereka mengalami malam hujan tanpa pelindung, kemudian iklim teriknya hari Bangladesh, dengan panas mencapai 30C bahkan di pertengahan Oktober.

"Kami tidak tidur semalaman," kata Salim, seorang pria Rohingya berusia 27 tahun yang mengatakan bahwa dia berjalan selama seminggu bersama keluarganya yang berjumlah sembilan orang sebelum sampai di perbatasan.

"Hujan tidak terlalu deras, tapi sangat lembab dan panas; untuk anak-anak, itu mengerikan," sambungnya.

Lebih dari setengah juta etnis Rohingya eksodus sejak 25 Agustus, ketika sebuah serangan oleh gerilyawan Rohingya memicu tindakan brutal militer Myanmar terhadap warga sipil. Ketika gelombang pertama mulai muncul di perbatasan Bangladesh, tidak ada yang mengantisipasi banyaknya penduduk desa yang putus asa yang kemudian akan bertelanjang kaki, kelelahan dan trauma.

Militer Myanmar sejak saat itu dituduh melakukan kampanye pembersihan etnis, yang oleh pemerintah dibantah dengan keras. Mereka yang berada di luar perbatasan negara, bagaimanapun, mengutip bukti adanya pembersihan sistematis dari minoritas tanpa kewarganegaraan; citra satelit menunjukkan ratusan desa rata dengan tanah, sementara pekerja bantuan mengatakan pengungsi tiba dengan luka dengan luka tembak, ledakan ranjau darat dan penyiksaan seksual seperti luka gores dan bekas gigitan.

Pendatang baru tidak memiliki tanda trauma yang sama, namun mereka mengatakan teror terus berlanjut. Beberapa pejabat Bangladesh khawatir bahwa orang-orang Rohingya yang tinggal di Myanmar dapat mencoba menyeberangi perbatasan untuk menerima bantuan atau bergabung dengan keluarga yang melarikan diri, menambah beban yang telah dikenakan negara miskin ini. Di kamp pengungsian, mereka akan terlindung, diberi makan dan dirawat karena penyakit; di negara bagian Rakhine, mereka hidup dalam ketakutan akan penyergapan dan hampir sepenuhnya menolak bantuan kemanusiaan.

"Kami memutuskan untuk pindah karena bahaya sangat dekat dengan kami," kata Fariza, yang berusia sekitar 30 tahun dan pada tahap akhir kehamilan keempatnya.

"Jika mereka datang ke desa kami, tidak mungkin saya bisa lari. Melihat apa yang terjadi dengan desa di sebelah rumah kami, kami harus pergi," imbuhnya.

Duduk di tempat teduh di luar klinik darurat, Fariza tampak lelah tapi terlihat jauh lebih sehat daripada pada malam sebelumnya, ketika Time melihat anggota tubuhnya yang sakit dan setengah sadar, anggota badannya tergantung lemas di tepi keranjang anyaman bahwa saudara iparnya yang digunakan untuk membawa tubuhnya yang lemah melintasi lumpur. Setelah beberapa obat dan sedikit istirahat, pada hari Selasa dia cukup kuat untuk berbicara.

"Saya merasa sangat sakit sehingga saya tidak ingin berbicara terlalu banyak. Tapi kami menginginkan keadilan," katanya pada TIME, air mata menetes di pipinya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4364 seconds (0.1#10.140)