Dosa Wanita yang Dimurkai Allah SWT dan Dalil yang Menjelaskannya

Sabtu, 11 November 2023 - 05:15 WIB
loading...
Dosa Wanita yang Dimurkai Allah SWT dan Dalil yang Menjelaskannya
sejalan dengan dimuliakannya, seorang wanita haruslah menjaga dirinya dari perbuatan yang dapat mengundang kebencian Allah SWT, salah satunya adalah menjaga diri dari perbuatan dosa yang dimurkai Allah SWT. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ada beberapa dosa wanita yang paling dimurkai Allah Subhanahu wa ta'ala, yang wajib diketahui kaum muslimah. Dosa wanita apa saja itu, serta dalil yang menjelaskannya?

Dalam Islam, dosa merupakan salah satu perbuatan yang sangat Allah Ta'ala benci dan murka. Maka dari itu, baik pria atau wanita janganlah sekali-kali melakukan perbuatan yang melanggar aturan baik itu dosa besar ataupun dosa kecil.

Apalagi kaum wanita di dalam Islam sangat ditinggikan derajat dan kemuliaannya.Sebagaimana dijelaskan dalam Al Qur'an :

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ


“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Al Rûm : 21)

Namun, sejalan dengan dimuliakannya, seorang wanita haruslah menjaga dirinya dari perbuatan yang dapat mengundang kebencian Allah SWT, salah satunya adalah menjaga diri dari perbuatan dosa yang paling dibenci Allah. Lantas dosa wanita seperti apakah yang sangat dimurkai Allah SWT tersebut? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut uraian dan dalil-dalilnya:

1. Mengubah fisik

Seorang wanita yang mengubah fisiknya, seperti operasi pelastik, sulam bibir, memancungkan hidung, dan lain sebagainnya sangat dibenci dan dimurkai Allah SWT. Kenapa? Karena hal ini salah satu cara setan untuk menyesatkan manusia untuk mengubah bentuk fisik dengan cara apapun. Hal ini dijelaskan oleh Allah SWT :

وَلَأُضِلَّنَّهُمْ وَلَأُمَنِّيَنَّهُمْ وَلَءَامُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ ءَاذَانَ ٱلْأَنْعَٰمِ وَلَءَامُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ ٱللَّهِ ۚ وَمَن يَتَّخِذِ ٱلشَّيْطَٰنَ وَلِيًّا مِّن دُونِ ٱللَّهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْرَانًا مُّبِينًا


Artinya: “Dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka meubahnya”. Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.”(QS An-Nissa : 119)

2. Berpakaian tapi telanjang

Berpakaian tapi telanjang maksudnya memakai pakaian yang tipis atau transparan sehingga terlihat lekuk tubuh terlihat, dan hal ini tidak mengikuti aturan Allah SWT untuk menutupi auratnya, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya.” (Hr. Muslim).

3. Menyerupai laki-laki

Maksudnya seorang wanita harus tetaplah memiliki sifat yang lemah lembut ayu, karena hal itu watak asli seorang wanita, dan jangnlah kalian para wanita menyerupai laki-laki dengan gaya yang mirip seorang laki-laki, sebagaiman dijelaskan dalam hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam :

“Rasulullah melaknat laki-laki yng menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. Bukhari).

Dalam hadis di atas menjelaskan bahwa Rasulullah SAW melaknat laki-laki yng menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki, Rasulullah saja sudah melaknat, lalu bagaina dengan Allah SWT Jelas Sangat membenci perbuatan yang demikian.

4. Menyambung rambut

Menyambung rambut adalah suatu kegiatan untuk memanjangkan rambut secara instan, agar terlihat indah dan tampil menarik, padahal ini sangat dibenci oleh Allah SWT, karena telah merobah kudratnya. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits rwiayat Bukhari sebagai berikut:

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah melaknat wanita yang menyambung rambut dan wanita yang meminta di sambung rambutnya.” (HR.Bukhari).

5. Memakai parfum berlebihan

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wanita mana saja yang memakai wewangian lalu ia keluar dan melewati para lelaki sehingga tercium sebagian dari wewangian tersebut, maka ia adalah seorang pezina, dan setiap mata yang melihatnya juga pezina.” (HR Abu Daud).

Itulah, dosa wanita yang paling Allah SWT benci, semoga kita semua terhindar dari perbuatan-perbuatan yang dapat mengundang murka Allah.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2524 seconds (0.1#10.140)