Sebut Lakukan Agresi, Suriah Tuntut Turki Tarik Pasukan

Minggu, 15 Oktober 2017 - 01:07 WIB
Sebut Lakukan Agresi, Suriah Tuntut Turki Tarik Pasukan
Sebut Lakukan Agresi, Suriah Tuntut Turki Tarik Pasukan
A A A
DAMASKUS - Suriah menuntut pasukan Turki yang telah memasuki wilayah barat laut negara itu untuk segera pergi. Damaskus mengatakan bahwa kehadiran mereka merupakan agresi yang mencolok.

Sebuah pernyataan Kementerian Luar Negeri Suriah mengatakan bahwa masuknya kendaraan militer Turki ke wilayah barat merupakan pelanggaran hukum internasional. Diketahui, pasukan Turki memasuki wilayah Suriah melaui Bab al-Hawa yang dikuasai oleh pasukan pejuang pada Kamis malam.

"Suriah mengutuk dalam hal yang paling kuat penyerangan unit tentara Turki di provinsi Idlib, yang merupakan agresi mencolok terhadap kedaulatan dan keamanan wilayah Suriah," kata pernyataan tersebut seperti dikutip dari Reuters, Minggu (15/10/2017).

Turki mengatakan bahwa pihaknya beroperasi di samping kelompok pejuang Suriah untuk melaksanakan kesepakatan ibukota Kazakhstan Astana. Kesepakatan yang dicapai bulan lalu dengan Rusia dan Iran memuat poin mengurangi pertempuran antara gerilyawan.

Namun pernyataan Suriah mengatakan: "Agresi Turki tidak terkait dengan pemahaman yang dicapai antara negara penjamin dalam proses Astana, namun merupakan pelanggaran terhadap pemahaman ini."
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3480 seconds (0.1#10.140)