alexa snippet

AS Akan Rusak Stabilitas Jika Mundur dari Kesepakatan Nuklir

AS Akan Rusak Stabilitas Jika Mundur dari Kesepakatan Nuklir
Rusia menyatakan, akan ada konsekuensi besar jika pada akhirnya Amerika Serikat (AS) memutuskan untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran. Foto/Istimewa
A+ A-
MOSKOW - Rusia menyatakan, akan ada konsekuensi besar jika pada akhirnya Amerika Serikat (AS) memutuskan untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran. AS, di bawah pemerintahan Donald Trump kemungkinan besar memang akan mundur dari kesepakatan tersebut.

Kremlin menuturkan, jika AS menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran, ini akan memiliki konsekuensi yang sangat negatif bagi dunia internasional dan Iran kemungkinan akan turut angkat kaki dari kesepakatan itu.

"Tentu, ini akan merusak atmosfir prediktabilitas, keamanan, stabilitas dan non-proliferasi di seluruh dunia. Rusia akan melanjutkan kebijakannya untuk memastikan non-proliferasi senjata nuklir," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, seperti dilansir Reuters pada Jumat (13/10).

Trump dalam beberapa kesempatan telah menyatakan ketidakpuasannya dengan kesepakatan nuklir Iran dan menuduh Teheran membuat situasi tidak stabil di Timur Tengah.

"Saya sangat tidak senang dengan kesepakatan ini, saya sangat tidak senang dengan sikap mereka. Semangat kesepakatan tentu tidak ada, karena mereka berada di tempat yang menyebabkan masalah, terutama di Timur Tengah," ungkap Trump.

"Iran adalah pemain yang buruk dan mereka akan dijaga sebagai pemain yang buruk," katanya, menambahkan bahwa dia akan mengambil sebuah tindakan dalam waktu dekat terhadap Iran.

Iran sendiri telah menegaskan mereka akan menarik diri dari kesepakatan nuklir, dan mempercepat program nuklir mereka jika AS angkat dari kesepakatan itu. AS memiliki waktu hingga akhir pekan ini untuk memutuskan apakah akan tetap berada dalam kesepakatan, atau keluar.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top