alexa snippet

NATO Bersiap Respon Ancaman Nuklir Korut

NATO Bersiap Respon Ancaman Nuklir Korut
Duta Besar Amrerika Serikat untuk NATO, Kay Bailey Hutchison menuturkan, NATO tengah mempersiapkan langkah untuk merespon ancaman nuklir Korea Utara. Foto/Istimewa
A+ A-
BRUSSELS - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk NATO, Kay Bailey Hutchison menuturkan, NATO tengah mempersiapkan langkah untuk merespon ancaman nuklir Korea Utara (Korut). Langkah ini sesuai dengan pasal 5 dari perjanjian pendirian NATO mengenai prinsip pertahanan kolektif.

Hutchison menuturkan, para diplomat NATO mulai membahas pasal 5 NATO mengenai reaksi kolektif terhadap Korut, jika Korut pada akhirnya memutuskan untuk menyerang salah satu sekutu NATO.

"Kami percaya ini adalah ancaman bersama. Jika mereka sukses, bukan hanya untuk Amerika, ini akan menjadi situasi yang jauh lebih bermasalah untuk semuanya. Dan, saya pikir ini waktunya untuk membahas itu," kata Hutchison.

Dia menekankan, pembicaraan pada tahap awal mengenai sebuah respon kolektif, yang berarti bahwa serangan terhadap satu sekutu NATO bisa dianggap sebagai serangan terhadap semua anggota NATO.

"Ada banyak langkah yang harus diambil sebelum kita sampai pada titik itu. Dan, ini tergantung pada jenis serangan apa, dan di mana lokasi serangannya," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (13/10).

Korut sendiri dalam beberapa kesempatan telah melemparkan ancaman akan melakukan serangan terhadap AS dan sekutu mereka. Salah satu wilayah yang menjadi target Korut adalah Guam.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top