alexa snippet

Diculik Militan Hampir 5 Tahun, Pasangan AS-Kanada Berhasil Dibebaskan

Diculik Militan Hampir 5 Tahun, Pasangan AS-Kanada Berhasil Dibebaskan
Pasangan Caitlan Coleman dan suaminya Joshua Boyle berserta ketiga anaknya. Foto/Reuters
A+ A-
ISLAMABAD - Pasangan Amerika Serikat (AS)-Kanada dan ketiga anaknya yang lahir di masa penculikan telah dibebaskan di Pakistan. Kedua pasangan itu telah diculik hampir lima tahun di negara tetangga Pakistan, Afghanistan.

Caitlan Coleman asal AS dan suaminya Joshua Boyle, asal Kanada, diculik saat backpacking di Afghanistan pada tahun 2012 oleh kelompok Haqqani yang merupakan jaringan kelompok Taliban. AS telah lama menuduh Pakistan gagal memerangi kelompok militan ini.

Tidak jelas seberapa tepatnya militer Pakistan mengamankan pembebasan keluarga tersebut, yang terjadi setelah AS berbagi informasi tentang lokasi sandera tersebut. Juga tidak jelas kapan keluarga itu akan kembali ke rumah.

Dua pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan bahwa militer AS telah siap untuk menerbangkan keluarga tersebut ke luar negeri namun mengatakan bahwa Boyle, orang Kanada, menolak naik pesawat terbang.

Boyle pernah menikah dengan saudara perempuan seorang narapidana di pusat penahanan militer AS di Teluk Guantanamo. Perkawinan itu berakhir dan narapidana tersebut kemudian dilepas ke Kanada.

Pada Kamis malam, tidak ada indikasi keluarga tersebut meninggalkan Pakistan. Orangtua Boyle mengatakan bahwa dia memberi tahu mereka melalui telepon bahwa dia akan bertemu mereka dalam beberapa hari.

"Jadi kami menunggunya," ibunya, Linda Boyle, mengatakan dalam sebuah video yang diposkan di situs surat kabar Toronto Star seperti dikutip dari Reuters, Jumat (13/10/2017).

Kabar pembebasan ini disambut baik oleh Presiden AS, Donald Trump. Ia memuji kerja sama Pakistan dengan pemerintah AS atas pembebasan para sandera, dengan mengatakan bahwa hal itu mewakili "momen positif" untuk hubungan AS-Pakistan.

"Kerja sama pemerintah Pakistan merupakan pertanda bahwa mereka menghormati permintaan Amerika untuk melakukan lebih banyak hal untuk memberikan keamanan di wilayah tersebut," kata Trump dalam sebuah pernyataan.

Hal senada juga diungkapkan oleh militer Pakistan yang menyebut operasi pembebasan ini sebagai bukti kekuatan aliansi.

"Kesuksesan tersebut menggarisbawahi pentingnya pembagian informasi intelijen tepat waktu dan komitmen Pakistan untuk terus memerangi ancaman ini melalui kerja sama antara dua kekuatan melawan musuh bersama," kata pernyataan militer Pakistan.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top