UE Tegaskan Komitmen pada Kesepakatan Nuklir Iran

Kamis, 12 Oktober 2017 - 22:38 WIB
UE Tegaskan Komitmen pada Kesepakatan Nuklir Iran
UE Tegaskan Komitmen pada Kesepakatan Nuklir Iran
A A A
BRUSSELS - Uni Eropa (UE) menegaskan komitmen untuk tetap mempertahankan kesepakatan nuklir Iran. Penegaskan itu disampaikan langsung oleh Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini dan Menteri Luar Negeri Jerman Sigmar Gabriel.

Mogherini dan Gabriel diketahui menyampaikan komitmen tersebut saat keduanya melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif melalui sambungan telepon.

Melansir Ifpnews pada Kamis (12/10), dalam percakapan telepon yang berlangsung pada Rabu malam dan Kamis pagi itu, Zarif, Mogherini, dan Gabriel menggarisbawahi perlunya semua pihak untuk tetap berkomitmen terhadap Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

Kedua pejabat senior Eropa tersebut menekankan komitmen Eropa terhadap JCPOA, dan menyatakan Iran harus menikmati manfaat ekonomi penuh dari kesepakatan nuklir tersebut, karena telah sepenuhnya memenuhi komitmennya.

Baik Mogherini maupun Gabriel berbagi pandangan, bahwa Eropa akan memenuhi komitmennya selama Iran tetap berkomitmen terhadap kewajibannya berdasarkan kesepakatan yang dicapai tahun 2015 tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6457 seconds (0.1#10.140)