alexa snippet

Hamas: Kesepakatan Rekonsiliasi Palestina Telah Tercapai

Hamas: Kesepakatan Rekonsiliasi Palestina Telah Tercapai
Hamas menuturkan, kesepakatan rekonsiliasi antara mereka dan Fatah telah tercapai. Foto/Reuters
A+ A-
KAIRO - Hamas menuturkan, kesepakatan rekonsiliasi antara mereka dan Fatah telah tercapai. Kesepakatan ini tercapai dalam pembicaraan damai yang ditengahi Mesir, yang berlangsung sejak akhir pekan lalu.

"Fatah dan Hamas mencapai kesepakatan saat fajar hari ini, atas dukungan dari Mesir," kata pemimpin Hamas, Islaem Haniyeh seperti dilansir Reuters pada Kamis (12/10).

Pernyataan Haniyeh kemudian digaungkan oleh juru bicara Hamas, Hazem Qassem. Dalam sebuah pernyataan, Qassem mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Palestina atas tercapainya kesepakatan rekonsiliasi tersebut.

"Kami mengucapkan selamat kepada orang-orang Palestina atas kesepakatan rekonsiliasi yang dicapai di Kairo. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menerapkannya untuk memulai sebuah babak baru dalam sejarah rakyat kita," ucap Qassem.

Seperti diketahui, Hamas setuju untuk menyerahkan kekuasaan administratif di Gaza kepada pemerintah yang didukung Fatah bulan lalu. Langkah tersebut merupakan langkah besar bagi Hamas, yang sebagian didorong oleh ketakutan kelompok tersebut mengenai isolasi keuangan dan politik potensial, setelah donor utamanya, Qatar mengalami krisis diplomatik besar dengan negara Teluk.

Delegasi dari kedua kelompok tersebut telah melakukan pembicaraan di Kairo sejak akhir pekan lalu untuk mengetahui rincian penyerahan administratif, termasuk keamanan di Gaza, dan di perbatasan.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, 3.000 petugas keamanan Fatah akan bergabung dengan polisi Gaza. Namun, Hamas tetap memiliki faksi bersenjata Palestina yang paling kuat, yang diperkirakan berjumlah 25 ribu orang, dengan senjata yang lengkap. 

Keduanya berharap usulan pengiriman personil keamanan dari Otoritas Palestina pimpinan Fatah ke perbatasan Gaza akan mendorong Mesir, dan Israel untuk mencabut pembatasan ketat mereka di perbatasan, sebuah langkah yang sangat dibutuhkan untuk membantu Gaza menghidupkan kembali ekonominya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top