Kebakaran Hebat Landa Hutan California, 21 Tewas

Kamis, 12 Oktober 2017 - 05:10 WIB
Kebakaran Hebat Landa Hutan California, 21 Tewas
Kebakaran Hebat Landa Hutan California, 21 Tewas
A A A
CALIFORNIA - Sedikitnya 21 orang tewas akibat kebakaran hutan di California yang terus berkobar dan hampir sepenuhnya tidak terkendali. Pemadam kebakaran memperkirakan kondisi cuaca akan semakin memperburuk keadaan.

"Sekarang angin akan kembali naik dan kelembabannya turun kembali. Kami masih belum keluar dari hutan, ini situasi yang sangat serius," kata juru bicara pemadam kebakaran California, Heather Williams, seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (12/10/2017).

Sekitar 8.000 petugas pemadam kebakaran bekerja di seluruh negara bagian, bersama dengan 73 helikopter dan 30 pesawat terbang, menurut juru bicara pemadam kebakaran California. Bantuan baru ditetapkan untuk dituangkan dalam mengikuti permintaan dari California, termasuk 175 mesin dari negara-negara tetangga dan puluhan lagi dari badan-badan federal.

"Kami tahu ini akan sangat cair dalam beberapa hari ke depan, jadi kami ingin bantuan ini sampai ke sini sesegera mungkin," kata Williams.

Tiga belas korban tewas berada di Napa dan Sonoma, kira-kira satu jam di sebelah utara San Francisco. Sementara korban tewas lainnya terdapat di bagian utara dan timur, enam di daerah Mendocino dan dua di daerah Yuba.

Sheriff Sonoma County, Robert Giordano, mengatakan jumlah laporan orang hilang telah melampaui 600, naik dari sekitar 200 sehari sebelumnya. Namun para pejabat yakin banyak orang akan ditemukan, dengan mengatakan bahwa evakuasi yang kacau dan komunikasi yang buruk selama beberapa hari terakhir telah membuat para korban sulit dijangkau.

Dia juga menyebut jika jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat.

"Kerusakannya sangat besar. Kita bahkan tidak bisa masuk ke sebagian besar wilayah," katanya.

Gubernur California, Jerry Brown, mengatakan pemerintah federal telah menjanjikan bantuan, namun mengatakan bahwa sumber daya yang ada juga akan melakukan upaya pemulihan badai di Texas dan Florida.

Dia tidak memperhatikan konteks kebakaran yang cukup besar. Dia mengatakan bahwa iklim yang memanas telah berkontribusi pada bencana kebakaran dahsyat dan memperingatkan bahwa kebakaran akan terus terjadi. Brown juga mencatat bahwa lebih banyak masyarakat yang tinggal di dekat dengan hutan dan semak-semak mudah terbakar karena cuaca yang kering.

Pejabat di Napa County mengatakan hampir setengah populasi Calistoga, yang terkenal dengan mata air panas dan perkebunan anggurnya, diperintahkan untuk dievakuasi sebelum matahari terbit. Pejabat sampai menyambangi blok demi blok, mengetuk pintu untuk memperingatkan warga kota berpenduduk 5.000 orang untuk pergi, kata supervisor Napa County Diane Dillon.

Evakuasi juga terjadi di beberapa bagian negara yang sebelumnya tidak terpengaruh - beberapa penduduk di Kabupaten Solano, yang berada di muara Teluk San Francisco, juga telah diperintahkan untuk berkemas.

Di California bagian selatan, cuaca dingin dan udara laut yang lembab membantu pemadam kebakaran hutan yang telah menghanguskan lebih dari selusin mil persegi.

Kapten otoritas pemadam kebakaran Orange County Steve Concialdi mengatakan bahwa kebakaran itu hampir separuh jalan dan penahanan penuh diperkirakan terjadi pada hari Sabtu. Namun putaran angin kencang dan tingkat kelembaban yang rendah bisa tiba Kamis malam.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4887 seconds (0.1#10.140)