alexa snippet

50 Tahun Lalu Dieksekusi, Ini Sosok Che Guevara

50 Tahun Lalu Dieksekusi, Ini Sosok Che Guevara
Gambar wajah Che Guevara diusung para warga Bolivia sebagai ikon revolusi. Foto/REUTERS/Enrique De La
A+ A-
SUCRE - Pada 9 Oktober 1967 atau 50 tahun lalu, pemimpin gerilya Ernesto Guevara de la Serna yang dikenal di seluruh dunia sebagai “Che” dieksekusi di Bolivia. Dunia mengenal sosok dokter asal Argentina ini sebagai tokoh revolusi di Amerika Latin, terutama revolusi Kuba.

Che lahir pada 14 Juni 1928. Dia tumbuh di keluarga kelas menengah di Rosario, timur laut Argentina.

Dia memiliki kehidupan keluarga yang condong ke dunia sastra sebelum memulai studinya di bidang kedokteran di Buenos Aires University pada tahun 1948.

Dua tahun kemudian, Che Guevara memulai perjalanan pertama (4.500 km)—dari dua perjalanan—dengan sepeda motor mengelingi Amerika Latin. Perjalanan kedua (8.000km) yang mengubah jalur hidupnya condong ke politik.

Guevara menjadi yakin selama total perjalanannya bahwa solusi atas meluasnya kemiskinan dan penindasan yang dia saksikan adalah revolusi bersenjata dan komunisme.

Setelah sempat kembali ke Buenos Aires untuk menyelesaikan studinya pada tahun 1953, Guevara meninggalkan negaranya dan sempat berkarir di bidang kedokteran. Tujuannya, untuk mengejar masa depan politik di mana dunia akan melihatnya tampil dalam revolusi Kuba hingga Kongo.

Revolusioner

Guevara dikenal karena perannya dalam revolusi Kuba tahun 1959, yang menyaksikan penggulingan diktator Fulgencio Batista oleh Fidel Castro.

Guevara dan Castro pertama kali bertemu di Mexico City, lima tahun sebelum revolusi Kuba pecah.

Setelah bergabung dengan ”Gerakan 26 Juli” pimpinan Castro yang bertujuan merebut kekuasaan dari Batista, Guevara bangkit menjadi tokoh kunci dalam revolusi dan ditunjuk sebagai presiden Bank Nasional Kuba dan Menteri Industri menyusul keberhasilannya dalam revolusi itu.

Dari posisi ini, dia leluasa menggelar rencana domestik untuk redistribusi lahan dan nasionalisasi industri Kuba. Dia berkeliling dunia sebagai “duta besar” untuk negara tersebut.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top