alexa snippet

Artefak-Artefak Tertua di Dunia, Seperti Apa Bentuknya?

Artefak-Artefak Tertua di Dunia, Seperti Apa Bentuknya?
Beberapa artefak tertua di dunia yang telah ditemukan. Foto/IST
A+ A-
Hingga tahun 2017, telah banyak ditemukan artefak yang telah berusia ratusan, ribuan bahkan jutaan tahun. Bentuknya bermacam-macam, dari alat potong, desain, hingga desain. Berikut ini adalah beberapa artefak tertua di dunia.  

1. Alat tertua

Alat tertua yang pernah ada ditemukan ditemukan di Gona, Ethiopia dan berusia 2,5-2,6 juta tahun. Alat tersebut disebut sebagai Oldowan, setelah Ngarai Olduvai di Tanzanio, dan terdiri dari potongan-potongan batu bermata tajam yang dipukul dari inti. Alat ini digunakan untuk memotong dan mengikis daging dari tulang hewan.

2. Desain abstrak tertua

Pada 2007, arkeolog yang mempelajari kerang moluska dari pulau Jawa di Indonesia menemukan satu tulisan mirip sebuah desain etchings di permukaan kerang. Pada 2014, tim peneliti memastikan bahwa tempurung kerang tersebut mungkin semacam alat. Etchings adalah karya manusia, mungkin Homo Erectus, yang selama ini dianggap hanya mampu menggunakan alat-alat batu. Pola zigzag dari etchings menunjukkan contoh representasi abstrak tertua yang diketahui di hominid sampai saat ini dimana usianya diperkirakan sekitar 500.000 tahun.

3. Topeng tertua

Topeng tertua yang pernah ditemukan adalah koleksi topeng batu berusia 9.000 di wilayah yang sekarang masuk negara Israel. Topeng ini dikumpulkan dari lokasi di Gurun Yudea dan perbukitan Yudea dan saat ini dipajang di Museum Israel di Yerusalem. Masker itu sendiri adalah wajah bergaya (setidaknya beberapa dari mereka mungkin telah mewakili tengkorak), dengan lubang di sepanjang tepi yang mungkin memungkinkannya untuk dipakai.

4. Jam mekanik kerja tertua

Jam tangan kerja tertua di dunia adalah jam mekanik masif yang terletak di Katedral Salisbury di Inggris selatan. Mulai ada pada 1386, jam mekanik ini terdiri dari sistem roda dan roda gigi yang terpasang pada lonceng katedral dengan tali. Ini berdentang pada jam. Mekanisme di dalam cara kerja yang disebut "ambang dan foliot" mengendalikan jam. Jam mekanis lainnya, sedikit lebih tua, ditemukan di Milan, Italia pada 1335 namun tidak lagi berfungsi.

5.Lukisan gua tertua

Sampai tahun 2014, lukisan gua tertua berusia 30.000-32.000 tahun dari hewan Paleolitik Puncak yang ditemukan di Gua Chauvet di lembah Sungai Ardeche di Prancis. Namun, penemuan baru di Sulawesi, Indonesia menyanggah penemuan lukisan gua ini. Pada September 2014, para ilmuwan mengkonfirmasi bahwa beberapa lukisan gua yang ditemukan di Sulwaseni itu berusia di atas 40.000 tahun. Mereka terdiri dari sidik jari stensil (mirip dengan lukisan tangan yang ditemukan di tempat lain di seluruh dunia), dan lukisan binatang lokal yakni babi rusa.

6. Alat musik tertua

Pada 2012, periset menemukan alat musik tertua di dunia, berusia 42.000-43.000 tahun. Temuan ini diidentifikasi oleh Profesor Nick Conard, peneliti Universitas Tuebingen Jerman. Alat musik tertua itu berupa seruling tulang, yang salah satunya berasal dari gading raksasa, lainnya dari tulang burung. Alat musik itu ditemukan di Gua Geissenkloesterle di wilayah Upper Danube di selatan Jerman. Berdasarkan temuan dari gua ini dan yang lainnya di dalam dan di sekitar kawasan ini, diperkirakan manusia memasuki daerah tersebut 39.000-40.000 tahun yang lalu.

7. Gambar kuno bentuk manusia

Venus dari Hohle Fels adalah patung tertua di dunia yang menggambarkan bentuk manusia. Dengan pengecualian patung Lion Man Zoomorphic, Hohle Fels merupakan seni prasejarah tertua. Patung berusia 40.000 tahun itu tingginya sekitar 6 cm (2,4 inci) dan diukir dari gading raksasa. Venus digali di gua-gua Hohle Fels di wilayah Jura Swabia dekat kota Ulm di barat daya Jerman.

8. Bangunan kayu tertua

Bangunan kayu tertua yang masih berdiri ada di Kuil Buddist Horyu-ji di Ikaruga, Prefektur Nara, Jepang. Empat bangunan di kuil tersebut diperkirakan berasal dari era Asuka Jepang. Konstruksi dimulai pada 585 di bawah perintah Kaisar Yomei. Kompleks aslinya dibakar pada 670 dan direkonstruksi sekitar tahun 710. Hari ini, Kuil Horyu-ji masih digunakan untuk beribadah. Bahkan kuil ini sempatmuncul dalam film klasik Jepang The Tale of Genji.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top