Kampanye Hapuskan Senjata Nuklir Rebut Hadiah Nobel Perdamaian 2017

Jum'at, 06 Oktober 2017 - 16:31 WIB
Kampanye Hapuskan Senjata Nuklir Rebut Hadiah Nobel Perdamaian 2017
Kampanye Hapuskan Senjata Nuklir Rebut Hadiah Nobel Perdamaian 2017
A A A
OSLO - Komite Nobel Norwegia menetapkan Kampanye Internasional untuk Menghapuskan Senjata Nuklir sebagai peraih hadiah Nobel Perdamaian 2017. Pengumuman tersebut dilakukan di Oslo, Norwegia, pada Jumat pagi waktu setempat.

Komite Nobel Norwegia telah memilih pemenang berdasarkan lebih dari 300 nominator yang masuk untuk penghargaan tersebut untuk tahun ini, sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian dan tujuan dari pemenang.

Pemberian hadiah Nobel Perdamaian ini adalah puncak dari pemberian hadiah serupa dalam bidang bidang kedokteran, fisika, kimia dan sastra selama satu minggu terakhir seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (6/10/2017).

Komite Nobel Norwegia tidak merilis nama-nama yang dianggap pantas untuk mendapatkan hadiah tersebut. Namun Komite mengatakan 215 individu dan 103 organisasi telah dinominasikan.

Kelima anggota komite Nobel Norwegia tersebut mengungkapkan pilihan mereka pada pukul 10 pagi, yang secara tradisional merupakan penghargaan yang dinanti-nantikan dengan penghargaan selama pemberian hadiah pada yayasan.

Legislator, menteri kabinet, mantan peraih penghargaan dan profesor universitas termasuk di antara ribuan orang di seluruh dunia yang berhak mengusulkan kandidat untuk Hadiah NObel Perdamaian.

Penghargaan tersebut diumumkan pada bulan Oktober, namun selalu diserahkan pada tanggal 10 Desember bertepatan dengan ulang tahun kematian Alfred Nobel.

Hadiah Nobel tahun ini untuk fisika, kimia, kedokteran dan sastra telah diumumkan sebelumnya dimana semuanya dimenangkan oleh pria.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5437 seconds (0.1#10.140)