Mesir Hancurkan Rudal Anti Tank Korut

Selasa, 03 Oktober 2017 - 18:19 WIB
Mesir Hancurkan Rudal Anti Tank Korut
Mesir Hancurkan Rudal Anti Tank Korut
A A A
KAIRO - Kementerian Luar Negeri Mesir mengatakan, pihak berwenang mereka telah menghancurkan rudal anti-tank dari Korea Utara (Korut). Kairo menyatakan, rudal tersebut bukan milik mereka, melainkan berasal dari kapal yang mereka sita.
Pernyataan Mesir ini sekaligus menepis laporan yang dirilis oleh Washington Post, di mana media Amerika Serikat (AS) itu sebelumnya melaporkan, Korut telah menyelundupkan senjata ke Mesir.
"Dewan Keamanan (DK) PBB memuji kerja sama Mesir dalam pelaksanaan keputusan mengenai Korea Utara," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Mesir Ahmed Abu Zeid dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (3/1).
"Laporan yang muncul adalah sebuah upaya untuk menciptakan kesan salah, bahwa Mesir tidak berkomitmen terhadap pelaksanaan resolusi DK PBB mengenai Korut. Pihak berwenang Mesir telah menyita dan menghancurkan pengiriman tersebut di hadapan panel ahli dari Komite 1718 tentang sanksi Korut di DK," sambungnya.
Korut menghadapi sanksi keras dari AS, dan kecaman keras dari masyarakat internasional setelah peluncuran rudal berulang dan uji coba nuklir. Uji coba nuklir keenam Pyongyang pada 3 September menyebabkan diadopsinya resolusi DK PBB yang kesembilan sejak 2006, yang selanjutnya memperketat sanksi internasional terhadap negara tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4291 seconds (0.1#10.140)