15 Kampus yang Memiliki Jurusan Bisnis Terpopuler di Indonesia, Kurikulum Adaftif di Dunia Kerja

Senin, 06 November 2023 - 12:15 WIB
loading...
15 Kampus yang Memiliki Jurusan Bisnis Terpopuler di Indonesia, Kurikulum Adaftif di Dunia Kerja
Salah satu universitas yang memiliki jurusan bisnis populer di Indonesia adalah Universitas Prasetiya Mulya Business School di mana kampus ini fokus di satu bidang saja yakni bisnis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 15 kampus di Indonesia yang memiliki jurusan bisnis terpopuler. Mau kuliah jurusan bisnis? Kamu harus mulai riset kampus dengan jurusan ini mulai dari sekarang. Kampus yang bagus menjamin kurikulum yang adaptif sehingga saat nanti terjun ke dunia kerja, kamu bisa menguasai bidangmu.

Jurusan bisnis harus diakui menjadi salah satu jurusan favorit calon mahasiswa karena masa depan lulusannya yang disebut-sebut relatif lebih menjanjikan dibanding jurusan lain. Artikel kali ini akan mengulas memuat 15 kampus yang memiliki jurusan bisnis terpopuler di Indonesia, simak ya!

15 Kampus dengan Jurusan Bisnis Terpopuler di Indonesia


1. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Siapa yang tidak tahu ITB? Perguruan tinggi negeri dengan konsentrasi teknologi ini juga memiliki jurusan Bisnis. Berdiri sejak tahun 1959, PTN ini berlokasi di kota kembang Bandung. Meski namanya memang Institut Teknologi tapi jurusan bisnis dan manajemennya termasuk yang paling baik di Indonesia. Mau kuliah bisnis di kota Bandung atau memang dekat dengan lokasimu? Pilih saja ITB.

2.Universitas Indonesia (UI)


Kampus kedua dengan jurusan bisnis adalah Universitas Indonesia (UI). Kampus beralmamater kuning ini telah berdiri jauh sebelum Indonesia merdeka yaitu sejak 1849.

Hampir semua jurusan ada di kampus yang berlokasi di Depok ini termasuk jurusan bisnis. Kalau kamu mau masuk ke kampus berkualitas ini, persiapkanlah dengan baik dan serius karena saingannya satu Indonesia.


3. Universitas Padjadjaran (Unpad)


Satu pilihan kampus di Jawa Barat lainnya selain ITB dan UI adalah UNPAD atau Universitas Padjadjaran. Tepatnya kampus yang sudah berdiri sejak tahun 1957 ini terletak di Kabupaten Sumedang. Jurusan Bisnis pun menjadi salah satu jurusan andalan dengan kurikulum yang sudah terbukti adaptif dengan kebutuhan dunia kerja saat ini.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Setelah sebelumnya tiga kampus yang berlokasi di Jawa Barat, mari beranjak ke satu Daerah Istimewa yang dikelilingi provinsi Jawa Tengah yaitu Yogyakarta.

Adalah UGM, kampus yang berdiri sejak tahun 1949 ini merupakan almamater dari banyak elit politik sekarang, lho. Mau kuliah bisnis di Yogyakarta? Masukkan UGM dalam list prioritasmu.

5. Prasetiya Mulya Business School


Prasetiya Mulya Business School, perguruan tinggi swasta pertama dalam daftar kampus yang ada jurusan bisnis di Indonesia ini. Kampusnya terletak di daerah Serpong, Tangerang Selatan.

Dari namanya saja sudah Business School, lembaga pendidikan dengan fokus pada semua bidang bisnis, maka tak salah bila kamu meliriknya sebagai tujuan menempuh pendidikan bisnis di kampus ini.

6. Universitas Airlangga (Unair)


Universitas Airlangga terletak di kota Surabaya. Telah berdiri sejak tahun 1954, perguruan tinggi negeri (PTN) ini merupakan kampus tertua kedua di Indonesia. Yang mau belajar segala sesuatu tentang bisnis, jurusan bisnis Unair bisa menjadi pilihan.

7. IPMI International Business School


Inilah kampus Internasional di Indonesia yang sudah berdiri sejak dari 1984. Berlokasi di Ibukota Jakarta, kampus ini memang menjadikan bisnis sebagai fokus utamanya yang amat terlihat jelas dari namanya sendiri.

Semua materi perkuliahan disampaikan dengan bahasa Inggris. Lulus dari kampus ini kamu tidak hanya jadi ahli bisnis tapi juga sudah fasih bicara dalam bahasa Inggris.

8. Universitas Diponegoro (Undip)


Undip berada di kota Semarang, Jawa Tengah. Semua konsentrasi bisnis dan manajemen tersedia di Undip untuk memenuhi minatmu. Kampus yang sudah berdiri sejak 1957 sudah menelurkan ribuan lulusan yang kini berkecimpung di dunia bisnis.

9. IBII Jakarta


Institut Bisnis dan Informatika Indonesia (IBII) merupakan perguruan tinggi swasta (PTS) yang berlokasi di Ibukota Jakarta. Seperti namanya, Institut ini menjadikan bisnis dan informatika sebagai fokus utamanya.

Kualitasnya tak perlu diragukan lagi karena ternyata kampus yang memiliki nama lain Kwik Kian Gie School of Business ini sudah berdiri sejak tahun 1987.


10. Universitas Hasanuddin


Universitas Hasanuddin merupakan satu-satunya kampus di luar pulau Jawa yang masuk dalam daftar kampus yang ada jurusan Bisnis di Indonesia ini. Berlokasi di Kota Makassar, perguruan tinggi negeri ini telah berdiri sejak tahun 1956. Bila kamu berminat mengambil jurusan bisnis di kota Makassar, Universitas Hasanuddin bisa jadi solusi

11. Universitas Brawijaya


Pilihan kampus yang ada jurusan bisnis adalah Universitas Brawijaya (UB) di mana jurusan bisnisnya menjadi salah satu yang terbaik. Mau menempuh pendidikan bisnis sekaligus belajar bahasa Jawa khas Ngalam yang dibalik-balik? Siapkan dirimu untuk mendaftar di UB

12. Binus Business School


Binus Business School adalah salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) bergengsi yang berlokasi di Ibukota Jakarta. Kampusnya beralamat Kebayoran Baru, Senayan, Jakarta Selatan. Lulusan dari kampus ini sudah pasti memiliki skill yang tak bisa dipandang sebelah mata. Yang mau menimpa ilmu bisnis di Ibukota, daftarkan dirimu di kampus ini

13. Institut Pertanian Bogor (IPB University)


Kamu pasti bertanya kok bisa institut pertanian ada jurusan bisnisnya. Tapi, memang itu kenyataanya. Institut Pertanian Bogor (IPB) menawarkan jurusan bisnis dan termasuk yang terbaik di Indonesia. Lulusannya selain banyak yang terjun di dunia bisnis ada juga yang telah menjadi Presiden Indonesia yakni sosok SBY.

14.Telkom University


Kampus terakhir dalam daftar kampus yang ada jurusan bisnis di Indonesia adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Bandung, yaitu Telkom University. Berada di bawah Telkom Indonesia, PTS ini sudah berdiri sejak tahun 2013. Terbilang masih muda tapi jurusan bisnisnya sudah memiliki kualitas yang baik.

15. STIE Malangkucecwara


Bertambah lagi perguruan tinggi swasta (PTS) dalam daftar ini yaitu STIE Malangkucecwara di kota Malang, Jawa Timur. Kampus yang berdiri sejak tahun 1971 ini menawarkan jurusan bisnis dengan kurikulum yang terbukti mengikuti kebutuhan dunia kerja dan juga fasilitas kampus yang tepat.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)