alexa snippet

Kanada Jatuhkan Sanksi Terhadap Maduro dan 39 Pejabat Venezuela

Kanada Jatuhkan Sanksi Terhadap Maduro dan 39 Pejabat Venezuela
Kanada jatuhkan sanksi kepada Presiden Nicolas Maduro dan sejumlah tokoh penting dalam pemerintahan Venezuela. Foto/Istimewa
A+ A-
TRENTON - Pemerintah Kanada mengumumkan telah menjatuhkan sanksi kepada Presiden Nicolas Maduro dan 39 tokoh kunci dalam rezim Venezuela. Pemberlakukan sanksi ini sebagai bentuk dukungan terhadap rakyat Venezuela melawan perilaku anti-demokrasi.

"Kanada tidak akan diam berdiri saat Pemerintah Venezuela merampas hak demokratis rakyatnya," ujar Menteri Luar Negeri Chrystia Freeland mengatakan dalam sebuah pernyataan di situs Pemerintah Kanada.

Sanksi Kanada mengikuti Amerika Serikat (AS) dan datang setelah sedikitnya 125 orang tewas karena Maduro telah membuat ekonomi Venezuela memburuk dan mendekati status sebagai diktator.

"Tindakan tegas ini sebagai tanggapan terhadap turunnya Pemerintah Venezuela ke dalam kediktatoran," kata Freeland seperti disitat dari Anadolu, Sabtu (23/9/2017).

Sanksi tersebut melarang orang-orang Kanada melakukan hubungan dengan negara Amerika Selatan tersebut. Kanada juga membekukan aset yang diduga dimiliki 40 pejabat Venezuela di negara itu.

"Pengumuman sanksi hari ini terhadap rezim Maduro menggarisbawahi komitmen kami untuk membela demokrasi dan hak asasi manusia di seluruh dunia," kata Freeland.

"Kanada berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Venezuela saat mereka berjuang untuk memulihkan demokrasi di negara mereka," imbuhnya

Sedikitnya 125 orang tewas dalam demonstrasi di Venezuela saat Maduro membentuk sebuah badan legislatif yang telah merebut kekuasaan dari Kongres negara tersebut.

Maduro membela tindakannya dengan mengatakan bahwa dia mengambil langkah untuk menghentikan sebuah revolusi yang didedikasikan untuk mengakhiri sosialisme di Amerika Latin dan mengizinkan elite bisnis yang didukung AS untuk mendapatkan kontrol atas aset minyak negara tersebut, media Kanada melaporkan.

Selain Maduro tokoh kunci lain yang dijatuhi sanksi adalah Wakil Presiden Tareck El Aissami, serta menteri pertahanan dan hakim.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top