alexa snippet

Moskow: AS Ingin Bekerja Sama dengan Rusia di Afghanistan

Moskow: AS Ingin Bekerja Sama dengan Rusia di Afghanistan
Foto/Istimewa
A+ A-
NEW YORK - Washington mengatakan ingin bekerja sama dengan Moskow di Afghanistan. Namun kebijakan sanksi Amerika Serikat (AS) mempersempit wilayah kerja sama yang mungkin terjadi, kecuali dicabut. Demikian yang dikatakan perwakilan khusus Rusia untuk Afghanistan setelah bertemu dengan mitranya dari AS.

"Perwakilan Khusus AS untuk Afghanistan dan Pakistan, Alice Wells menyatakan kesediaan Washington untuk bekerja sama dengan kami di Afghanistan, sambil menyadari bahwa wilayah kerja sama sangat sempit," kata Zamir Kabulov kepada media Rusia setelah pertemuannya dengan Wells pada hari Rabu di sela-sela Majelis Umum PBB di New York.

Meski begitu, pejabat Rusia tersebut tidak menjelaskan di mana kerja sama yang sempit itu bisa terjadi.

Kabulov menunjukkan bahwa Afghanistan adalah satu dari sedikit wilayah di mana ada ruang untuk kerjasama relatif bebas dari rasa sakit antara Moskow dan Washington. Pada saat yang sama, dia mencatat bahwa sanksi anti-Rusia membatasi kesempatan untuk kerja sama dalam menekan isu-isu internasional.

"Wells mengerti bahwa ada sanksi, tapi merekalah yang mengenalkannya. Anda yang memberlakukannya, maka Anda harus mengangkatnya, jika Anda ingin bekerja sama dengan kami," kata Kabulov seperti dilansir dari Russia Today, Kamis (21/9/2017).

Selama bertahun-tahun, Rusia telah mengizinkan AS untuk menggunakan wilayah dan wilayah udara untuk mengirimkan pasokan ke pasukan Amerika di Afghanistan.

Moskow, bagaimanapun, mengkritik rencana pemerintahan Trump untuk mengirim pasukan tambahan ke Afghanistan. Rusia menyebutnya sebagai pendekatan buntu.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top