alexa snippet

AS Buka Kemungkinan Kirim Senjata Nuklir ke Korsel

AS Buka Kemungkinan Kirim Senjata Nuklir ke Korsel
Menhan AS James Mattis mengatakan, Washington dan Seoul telah membahas pilihan untuk menempatkan senjata nuklir di Semenanjung Korea. Foto/Reuters
A+ A-
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) James Mattis mengatakan, Washington dan Seoul telah "membahas pilihan" untuk menempatkan senjata nuklir di Semenanjung Korea.

Dalam sebuah konferensi pers, seorang reporter mengingatkan Mattis, bahwa Menteri Pertahanan Korea Selatan (Korsel) Song Young-moo mengatakan kepada parlemennya setelah berkunjung ke Washington, bahwa kedua pejabat tersebut telah membahas mengenai pengerahan senjata nuklir dalam skala kecil.

Ketika ditanya apakah ada kemungkinan bahwa nuklir semacam itu bisa dikirim ke Semenanjung Korea, Mattis mengatakan, kedua belah pihak telah membahas pilihan itu, namun menolak untuk menjelaskannya.

"Kami memiliki dialog terbuka dengan sekutu kami mengenai isu apapun yang ingin mereka kemukakan. Kami bukan hanya teman, kami dipercaya sekutu. Dan kita bawa semua masalah satu sama lain," ucap Mattis, seperti dilansir Russia Today pada Selasa (19/9).

Mattis juga mengatakan, ada pilihan militer yang dapat diambil AS terhadap Korut, tapi tanpa menempatkan Korsel pada risiko yang serius, namun dia menolak untuk menjelaskan opsi tersebut secara rinci.

"Ada banyak pilihan militer, berdasarkan pembicaraan dengan sekutu kita mengenai langkah yang akan diambil untuk membela sekutu dan kepentingan kita sendiri," imbuhnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top