Polisi India Tangkap Pria Inggris karena Coba Radikalisasi Rohingya

Selasa, 19 September 2017 - 15:48 WIB
Polisi India Tangkap Pria Inggris karena Coba Radikalisasi Rohingya
Polisi India Tangkap Pria Inggris karena Coba Radikalisasi Rohingya
A A A
NEW DELHI - Kepolisian India dilaporkan telah menangkap seorang warga negara Inggris keturunan Bangladesh karena mencoba menanamkan paham radikal pada pengungsi Rohingya di India. Pria tersebut diketahui memiliki hubungan dengan al-Qaeda.
Wakil Komisaris Polisi Delhi, P S Kushwaha menyatakan, pria yang diketahui bernama Shumon Haq ditangkap saat berusaha membujuk pengungsi Rohingya yang berada di India untuk memerangi pemerintah Myanmar.
"Dia sedang melakukan misi untuk meradikalisasi Muslim di negara-negara bagian timur laut, khususnya Muslim Rohingya untuk mempersiapkan apa yang dia sebut sebagai jihad melawan umat Buddha di Myanmar," kata Kushwaha, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (19/9).
"Dia adalah warga negara Inggris keturunan Bangladesh. Dia juga pergi ke Syria dan bertempur dengan Front Al Nusra. Dia ditangkap di Bangladesh karena melakukan serangan teror dan dipenjara selama tiga tahun. Dia melarikan diri ke India saat dia diberi jaminan. Motifnya adalah untuk radikalisasi Muslim Rohingya. Dia berhubungan dengan pengungsi Rohingya dan menetap di berbagai belahan India," sambungnya.
Menurut sebuah perkiraan, hampir 40 ribu Muslim Rohingya tinggal di berbagai wilayah di India. Pemerintah India telah memperjelas bahwa warga Rohingya yang tinggal secara ilegal di negara tersebut merupakan ancaman bagi keamanannya, dan mereka akan segera dideportasi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4398 seconds (0.1#10.140)