5 Negara Asia yang Mendukung Penuh Israel, Mana Saja?

Rabu, 01 November 2023 - 13:01 WIB
loading...
5 Negara Asia yang Mendukung Penuh Israel, Mana Saja?
Warga Israel menari dengan bendera di dekat gerbang Damaskus di luar Kota Tua Yerusalem, 15 Juni 2021. Foto/REUTERS/Ronen Zvulun
A A A
SINGAPURA - Terdapat sejumlah negara di Asia yang telah mendukung penuh Israel. Hal itu dibuktikan dengan beberapa hal, salah satunya dengan mengirimkan duta besar mereka untuk melakukan hubungan diplomatik antar negara.

Di negara-negara Asia yang mayoritas penduduk negaranya menganut agama Islam, mereka umumnya mendukung Palestina menjadi negara yang berdaulat. Meski begitu, ada pula negara-negara di Asia yang sampai saat ini mendukung penuh Israel.

Berikut 5 Negara di Asia yang Mendukung Israel:

1. Singapura


Singapura mengakui kedaulatan Israel sebagai sebuah negara sejak 1969. Kemudian negara ini menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dimulai pada tahun 1970.

Singapura dan Israel memiliki kerjasama di bidang pertahanan, perdagangan, teknologi, dan pendidikan. Kedua negara tersebut saling membutuhkan dan menjalin hubungan kerjasama yang harmonis hingga sekarang ini.

Meski begitu, Singapura juga menjadi negara yang menolak penindasan. Singapura pun juga mendukung solusi dua negara untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

2. India


India menjadi salah satu negara di Asia yang mendukung Israel. Negara ini bahkan menjadi negara pertama yang mengakui negara Israel pada tahun 1950.

Namun India juga menjadi negara yang menyukai perdamaian. India pun berusaha menjaga keseimbangan antara kedua pihak yang berkonflik, dan menyerukan solusi dua negara yang damai dan adil.

3. Filipina


Filipina juga termasuk negara yang mendukung negara Israel. Kedua negara tersebut telah menandatangani perjanjian persahabatan sejak 26 Februari tahun 1958.

Bahkan dalam sejarahnya, Rodrigo Duterte mencatatkan sejarah sebagai presiden Filipina pertama yang pernah menginjakkan kaki di Israel. Namun kedua negara ini baru membuka kedutaan besar tahun 1962.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)