alexa snippet

Bahas Referendum Kurdi, Erdogan Akan Temui PM Irak

Bahas Referendum Kurdi, Erdogan Akan Temui PM Irak
Presiden Turki Tayyip Erdogan dilaporkan akan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Irak Haider el-Abadi guna membahas referendum Kurdi. Foto/Reuters
A+ A-
ANKARA - Presiden Turki Tayyip Erdogan dilaporkan akan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Irak Haider el-Abadi guna membahas referendum Kurdi. Pertemuan itu rencananya digelar di sela-sela Sidang Umum PBB yang akan digelar pekan depan.

Berbicara jelang keberangkatannya ke New York untuk menghadiri Sidang Umum PBB, Erdogan mengatakan, Ankara dan Baghdad memiliki pandangan yang sama mengenai referendum tersebut.

"Kami akan mengadakan pertemuan dengan Abadi di Amerika. Dan, dari apa yang bisa kami lihat, tujuan kami adalah sama. Tujuan kami tidak membagi Irak," kata Erdogan, seperti dilansir Reuters pada Minggu (17/9).

Turki sendiri merupakan negara yang paling keras menentang referendum itu. Perdana Menteri Turki Binali Yildirim mengatakan, referendum Irak utara merupakan isu keamanan nasional dan Turki akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

Selain Turki, AS juga adalah negara yang menolak referendum itu. Washington dalam beberapa kesempatan telah mendesak pemerintah Daerah Kurdistan (KRG) Irak untuk membatalkan rencana untuk mengadakan referendum itu.

Sementara itu, negara yang mendukung referendum tersebut adalah Israel. "Israel mendukung upaya sah orang-orang Kurdi untuk mencapai negara mereka sendiri," kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu beberapa waktu lalu.
(esn)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top