alexa snippet

Inggris Naikkan Tingkat Ancaman Teroris ke Level Kritis

Inggris Naikkan Tingkat Ancaman Teroris ke Level Kritis
Inggris menaikan level ancaman teroris ke tingkat kritis. Foto/Istimewa
A+ A-
LONDON - Perdana Menteri Inggris, Theresa May, menaikkan level ancaman teror menjadi kritis. Kenaikan level ini dilakukan ditengah upaya polisi Inggris untuk mengidentifikasi pelaku peledakan kereta komuter pada Jumat pagi.

Mengangkat status teror ke tingkat tertinggi, yang berarti serangan lain dianggap sudah dekat, May mengatakan personil militer akan mengganti polisi bersenjata pada tugas penjagaan di beberapa lokasi yang dilindungi yang tidak dapat diakses publik.

"Masyarakat akan melihat lebih banyak polisi bersenjata di jaringan transportasi dan di jalan-jalan kami, memberikan perlindungan ekstra," kata May seperti dikutip dari Independent, Sabtu (16/9/2017).

"Ini adalah langkah yang proporsional dan masuk akal yang akan memberikan kepastian dan perlindungan ekstra sementara penyelidikan berlanjut," terangnya.

Pihak kepolisian Inggris sendiri tengah berusaha mengidentifikasi pelaku dengan menggunakan rekaman CCTV. Perwira kontraterorisme senior Inggris Mark Rowley menduga ada lebih dari satu pelaku yang terlibat dalam aksi peledakan itu.

Sebelumnya, Rowley mengatakan bahwa ledakan tersebut dipicu oleh sebuah bom rakitan. "Kami sekarang menilai bahwa ini adalah ledakan alat peledak rakitan," ujar Rowley.

Baca juga:
Bom Rakitan Meledak di Kereta Komuter London, 22 Terluka

Bom rakitan tersebut meledak saat kereta tersebut hendak meninggalkan stasiun bawah tanah Parsons Green di London Barat  tepat ketika jam sibuk. Akibatnya 22 orang terluka dalam serangan terorisme kelima di Inggris pada tahun ini.

Perkembangan terakhir menyatakan korban luka mencapai 29 orang. Beberapa penumpang menderita luka bakar dan lainnya terluka saat mencoba melarikan diri. Namun petugas medis mengatakan bahwa tidak ada yang dianggap berada dalam kondisi serius.

Kelompok ekstrimis ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan bom tersebut. "Malam ini ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut," kata kantor berita kelompok militan tersebut, Amaq.

Baca juga:
ISIS Klaim Serangan Bom Kereta Komuter London
(ian)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top