alexa snippet

AS: Berbagai Kemampuan Tersedia untuk Hadapi Ancaman Korut

AS: Berbagai Kemampuan Tersedia untuk Hadapi Ancaman Korut
Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Ian
A+ A-
WASHINGTON - Komando Pasifik Amerika Serikat (AS), Pacom, berhasil mendeteksi dan melacak apa yang dinilai sebagai peluncuran rudal balistik Korea Utara (Korut). Rudal tersebut tidak menimbulkan ancaman ke Amerika Utara atau Guam.

Demikian yang diungkapkan juru bicara Pentagon Kolonel Rob Manning. Penilaian awal Pacom bahwa proyektil itu adalah rudal balistik jarak menengah atau IRBM. Ia menambahkan, rudal tersebut merupakan rudal balistik dengan jarak 1.864 mil ke 3.418 mil.

"Komitmen kami untuk membela sekutu kita, termasuk Korea Selatan dan Jepang dalam menghadapi ancaman ini tetap sangat kuat," kata Manning seperti dikutip dari situs Kementerian Pertahanan AS, Sabtu (16/9/2017).

"Kami tetap siap untuk membela diri dan sekutu kita dari serangan atau provokasi dan menggunakan berbagai kemampuan yang kita miliki untuk melawan ancaman dari Korea Utara," imbuhnya.

Manning mengatakan bahwa jika IRBM telah menjadi ancaman langsung bagi AS atau sekutu-sekutunya. "Kami akan mengambil tindakan yang tepat," tegasnya.

Ia mengungkapkan bahwa peluncuran tersebut terjadi di dekat Pangkalan Udara Sunan di Pyongyang dan IRBM menuju ke timur. Rudal tersebut melewati wilayah utara Jepang sebelum mendarat di Samudra Pasifik di sebelah timur Jepang.

"Rangkaian kemampuan kita sepenuhnya tersedia untuk melawan ancaman dari Korea Utara," kata Manning.

"Korea Utara terus menimbulkan ancaman terhadap keamanan dan stabilitas global dan harus memilih untuk berhenti mengisolasi dirinya sendiri dan menghentikan program ilegalnya," tukasnya.
(ian)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top