Menteri Pertahanan Rusia Bertemu dengan Assad di Damaskus

Kamis, 14 September 2017 - 03:09 WIB
Menteri Pertahanan Rusia Bertemu dengan Assad di Damaskus
Menteri Pertahanan Rusia Bertemu dengan Assad di Damaskus
A A A
DAMASKUS - Presiden Suriah menyambut Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu yang berkunjung ke Damaskus. Kunjungan itu dilakukan setelah setelah pasukan pro-pemerintah yang didukung oleh Rusia menguasai kota Deir al-Zor.

"Shoigu memberikan sepucuk surat dari Presiden Rusia Vladimir Putin kepada Assad. Putin mengucapkan selamat atas keberhasilan pasukan pro pemerintah menghancurkan pengepungan yang dilakukan oleh ISIS di kota Deir al-Zor," menurut sebuah pernyataan kepresidenan Suriah seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (14/9/2017).

Menurut Presiden Suriah Suriah, pertemuan tersebut menekankan pentingnya proses Astana dengan sebuah babak baru perundingan damai yang dijadwalkan pada hari Kamis dan Jumat. Perundingan damai ini bertujuan untuk memperkuat zona deeskalasi yang dimaksudkan untuk memungkinkan pembentukan gencatan senjata yang langgeng di Suriah.

Sementara menurut Kementerian Pertahanan Rusia, Shoigu dan Assad membahas kerja sama militer dan taktis untuk penghancuran kelompok ISIS di Suriah. Keduanya terakhir bertemu pada bulan Juni 2016 di Damaskus.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Selasa, tentara Rusia mengklaim bahwa lebih dari 450 anggota ISIS telah terbunuh dalam serangan di Deir al-Zor.

"Baru kemarin, angkatan udara Rusia melakukan lebih dari 50 penerbangan untuk membantu serangan tentara Suriah," kata pernyataan tersebut.

Hilangnya Deir al-Zor akan menjadi pukulan besar bagi ISIS, yang wilayahnya di Suriah dan negara tetangga Irak telah menyusut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4296 seconds (0.1#10.140)