PBB: Bantuan bagi Rohingya Harus Ditingkatkan Secara Besar-besaran

Rabu, 13 September 2017 - 15:08 WIB
PBB: Bantuan bagi Rohingya Harus Ditingkatkan Secara Besar-besaran
PBB: Bantuan bagi Rohingya Harus Ditingkatkan Secara Besar-besaran
A A A
DHAKA - PBB mendesak badan bantuan internasional agar meningkatkan bantuan secara besar-besaran untuk para pengungsi Rohingya yang berada di Bangladesh. Desakan ini muncul setelah semakin banyaknya pengungsi Rohingya yang tiba di Bangladesh.
Menurut George William Okoth-Obbo, asisten komisaris tinggi untuk badan pengungsi PBB, jumlah bantuan yang dibutuhkan para pengungsi meningkat dengan tajam. Hal ini membuat badan bantuan harus meningkatkan upaya mereka.
"Kita semua harus meningkatkan respon secara besar-besaran, dari makanan sampai tempat berlindung," kata Wiliam dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Rabu (13/9).
Berdasarkan data PBB, jumlah pengungsi Rohingya yang tiba di Bangladesh telah mencapai 400 ribu jiwa. Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat, mengingat masih terus berlangsungnya kekerasan di Rakhine.
Terkait dengan bantuan, pemerintah Indoneia dilaporkan telah mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh. Bantuan yang dikirimkan dengan empat buat pesawat hercules itu terdiri dari beras, tenda, selimut, pakaian, makanan-makanan, alat-alat mandi.
"Jumlah pengungsi paling banyak di Bangladesh dan mereka lebih cepat merespons dalam memberi daftar bantuan. Bantuan akan diberikan secara bertahap dan tidak hanya 1 kloter. Bantuan pertama diantar dengan 4 pesawat hercules dan untuk kloter berikutnya akan dibahas lebih lanjut, tapi jeda waktunya tidak akan lama," ucap Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi kemarin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4382 seconds (0.1#10.140)