Menteri Sosial Spanyol: Uni Eropa Mungkin Terlibat Genosida di Gaza

Senin, 30 Oktober 2023 - 19:05 WIB
loading...
Menteri Sosial Spanyol: Uni Eropa Mungkin Terlibat Genosida di Gaza
Warga Palestina berjalan di sekitar bangunan yang hancur akibat pemboman Israel di kamp pengungsi Nuseirat di Jalur Gaza pada Minggu, 29 Oktober 2023. Foto/AP/Hatem Moussa
A A A
MADRID - Menteri Hak Sosial Spanyol Ione Belarra mendesak para pemimpin Eropa segera mengambil tindakan terhadap Israel, termasuk memutuskan hubungan diplomatik dan menjatuhkan sanksi ekonomi.

Seruan itu muncul di tengah meningkatnya pemboman dan perluasan operasi darat Israel terhadap pejuang Hamas di wilayah kantong Palestina yang terkepung.

Dia juga menyerukan agar Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu diadili atas dugaan kejahatan perang yang dilakukan terhadap warga sipil di Gaza.

“Setelah malam yang mengerikan di Gaza ini, saya punya pesan yang sangat sederhana namun sangat penting untuk para pemimpin Eropa. Jangan membuat kita terlibat dalam genosida. Bertindak. Bukan atas nama kita,” tegas Belarra dalam pesan video penuh semangat di X pada Sabtu (28/10/2023).



Lebih dari 8.000 warga Palestina, termasuk 3.342 anak-anak, telah terbunuh di Gaza sejak kampanye udara Israel dimulai, menurut angka terbaru dari Kementerian Kesehatan Gaza.

Serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya ke Israel, serta ratusan serangan roket di wilayah Israel awal bulan ini, menyebabkan sekitar 1.400 orang tewas, sementara 230 warga Israel dan orang asing disandera, menurut Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Mengatasi parahnya situasi saat ini di Gaza dan pembalasan Israel yang tidak proporsional, menteri tersebut menyoroti penghentian layanan internet dan telepon di wilayah tersebut.

Dia mengklaim tindakan tersebut “memiliki tujuan yang sangat jelas” untuk menjamin bahwa “Israel melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan tanpa konsekuensi.”

“Kelambanan kita membuat kita menjadi kaki tangan,” tegas menteri tersebut, dengan alasan, “Israel percaya aliansi internasionalnya menjamin impunitasnya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)