500 Warga Bogor Gelar Yoga Bersama, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Minggu, 29 Oktober 2023 - 19:00 WIB
loading...
500 Warga Bogor Gelar Yoga Bersama, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan
Yoga memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Menambahkan beberapa pose yoga ke dalam rutinitas harian dapat membantu kesehatan dengan berbagai cara. Foto/dok Irene Tanihaha atau Habuds
A A A
JAKARTA - Yoga memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, baik secara mental dan fisik. Menambahkan beberapa pose yoga ke dalam rutinitas harian dapat membantu kesehatan dengan berbagai cara yang tidak terduga.

Linda Schlamadinger McGrath selaku pendiri Yoga Source Los Gatos di Los Gatos, California mengatakan bahwa pada tingkat fisik, yoga membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, keseimbangan, dan daya tahan.

"Pada tingkat psikologis, yoga dapat membantu Anda menumbuhkan kesadaran saat Anda mengalihkan kesadaran Anda ke sensasi, pikiran, dan emosi yang menyertai pose atau latihan tertentu," kata Linda dilansir dari Everday Health, Minggu (29/10/2023).

Manfaat Yoga untuk Kesehatan



Berikut deretan manfat yoga untuk kesehatan yang sayang dilewatkan.



1. Meningkatkan Kesehatan Mental


Manfaat yoga untuk kesehatan mental cukup beragam. Hal ini dikarenakan yoga dapat membantu menurunkan produksi kortisol (hormon stres) dalam tubuh. Ketika produksi kortisol menurun, maka produksi serotonin (hormon bahagia) pun akan meningkat yang dapat meredakan gejala depresi dan membuat penderita merasa lebih tenang.

2. Membuat Awet Muda


Manfaat yoga untuk kecantikan ini bisa didapatkan melalui beberapa pose, salah satunya adalah pose sirsasana (berdiri dengan kepala). Pose ini dapat membantu melancarkan suplai darah ke otak dan wajah. Sehingga suplai oksigen ke sel-sel otak dan wajah akan meningkat, kadar hormon stres menurun, wajah cenderung menjadi awet muda, dan terhindar dari masalah jerawat.

3. Mengurangi Kram Perut saat Menstruasi


Gerakan yoga diketahui dapat membantu mengurangi tekanan di rahim, kram, serta meringankan rasa kaku di bagian punggung bawah yang umumnya menjadi gejala PMS (premenstrual syndrome).

4. Membantu Proses Pemulihan Penyakit


Manfaat yoga bagi tubuh berikutnya adalah mendukung proses pemulihan penyakit. Maka dari itu, yoga sering dijadikan sebagai pendamping perawatan medis. Contohnya, pasien stroke yang sedang melakukan terapi fisik dengan menerapkan yoga yang dapat meningkatkan keseimbangan dan kemampuan fungsi motorik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0789 seconds (0.1#10.140)