Jet Tempur Jepang dan Bomber AS Latihan di Atas Laut China Timur

Sabtu, 09 September 2017 - 15:55 WIB
Jet Tempur Jepang dan Bomber AS Latihan di Atas Laut China Timur
Jet Tempur Jepang dan Bomber AS Latihan di Atas Laut China Timur
A A A
TOKYO - Jet tempur F-15 Jepang melakukan latihan udara dengan pesawat pembom Amerika Serikat (AS), B1-B, di atas Laut China Timur. Demikian pernyataan Angkatan Bela Diri Jepang (ASDF).

Latihan itu melibatkan dua pembom AS Lancer B-1B yang terbang dari Pangkalan Angkatan Udara Andersen di wilayah kepulauan Pasifik AS di Guam, yang diikuti oleh dua jet tempur F-15 Jepang seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (9/9/2017).

Pada 31 Agustus, jet tempur F-15 Jepang juga melakukan latihan udara dengan pembom B1-B AS dan jet tempur stealth F-35 di langit selatan semenanjung Korea. Latihan itu dilakukan dua hari setelah Korut meluncurkan rudal balistik di utara Jepang.

Latihan gabungan tersebut dilakukan saat Korea Selatan (Korsel) bersiap menghadapi kemungkinan uji coba rudal lebih lanjut Korea Utara (Korut) karena menandai ulang tahun pendirinya. Kemungkinan ini hanya berselang beberapa hari setelah uji coba nuklir keenam dan terbesarnya mengguncang pasar keuangan global serta meningkatkan ketegangan di wilyah tersebut.

Pada hari Minggu lalu, Korut melakukan uji coba nuklir keenam dan paling kuat sampai saat ini, yang diklaimnya adalah perangkat termonuklir atau bom hidrogen. Korut kemudian mengklaim bahwa senjata tersebut dapat dipasang pada rudal balistik antarbenua (ICBM) yang mampu mencapai daratan Amerika Serikat (AS).

Tes terakhir dilakukan meski ada sanksi oleh AS dan PBB seruan dunia internasional agar Pyongyang menghentikan program pengembangan nuklirnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3723 seconds (0.1#10.140)