AS Diam-diam Perluas Pangkalan Rahasia Site 512 di Dekat Gaza

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 21:41 WIB
loading...
AS Diam-diam Perluas Pangkalan Rahasia Site 512 di Dekat Gaza
AS mempeluas pangkalan rahasianya di dekat Gaza. Foto/US Army
A A A
GAZA - Amerika Serikat (AS) diam-diam memperluas pangkalan militer rahasianya di wilayah pendudukan Israel di dekat Jalur Gaza yang terkepung. Hal itu bertepatan ketika rezim Tel Aviv terus melakukan pemboman terhadap daerah pemukiman di daerah kantong yang terkepung ketat tersebut.

Dalam sebuah laporan pada hari Sabtu, media AS The Intercept melaporkan bahwa Pentagon diam-diam bergerak maju untuk membangun fasilitas bagi pasukan Amerika di pangkalan militer rahasianya – dengan nama sandi Site 512 – jauh di dalam gurun Negev, hanya 20 mil dari Jalur Gaza.

The Intercept menambahkan bahwa Site 512 yang sudah lama ada sebenarnya adalah fasilitas radar, yang misinya memantau langit untuk serangan rudal terhadap Israel, namun gagal mendeteksi ribuan roket yang ditembakkan oleh kelompok perlawanan Hamas Palestina pada 7 Oktober karena fokus pada kemungkinan serangan rudal yang masuk. rudal dari Iran, lebih dari 700 mil jauhnya.

Pentagon memberikan kontrak fasilitas pasukan AS senilai USD35,8 juta untuk menambahkan struktur mirip barak bagi personel AS ke Situs 512, yang berada di puncak Gunung Har Qeren di Negev, hampir dua bulan sebelum perang saat ini antara Israel dan Hamas dimulai.

Laporan tersebut muncul ketika Presiden AS Joe Biden dan pemerintahannya mengklaim bahwa Washington tidak memiliki rencana apa pun untuk mengerahkan pasukan AS di Israel untuk terlibat dalam perang saat ini, namun kehadiran rahasia militer AS di wilayah pendudukan Palestina sudah ada, dan kontrak pemerintah serta dokumen anggaran sudah ada. menunjukkan bahwa hal ini jelas meningkat.



“Kadang-kadang sesuatu diperlakukan sebagai rahasia resmi bukan dengan harapan bahwa musuh tidak akan pernah mengetahuinya, melainkan [karena] pemerintah AS, karena alasan diplomatik atau politik, tidak mau mengakuinya secara resmi,” kata Paul Pillar, seorang mantan kepala analis di pusat kontra-terorisme CIA kepada The Intercept.

“Dalam hal ini, mungkin pangkalan tersebut akan digunakan untuk mendukung operasi di tempat lain di Timur Tengah di mana pengakuan bahwa operasi tersebut dilakukan oleh Israel, atau melibatkan kerja sama dengan Israel, akan merepotkan dan kemungkinan besar akan menimbulkan lebih banyak reaksi negatif daripada operasi tersebut. jika tidak, akan timbul,” tambahnya.

Pejabat Departemen Luar Negeri AS telah menyiapkan pesan perbedaan pendapat atas dukungan Biden yang tak tergoyahkan terhadap kejahatan Israel di Gaza.

Pentagon mengklaim telah mempersiapkan 2.000 personel dan sejumlah unit dalam siaga tinggi untuk kemungkinan penempatan di Israel, dan menekankan bahwa pasukan ini tidak dimaksudkan untuk bertugas dalam peran tempur dan konon ditugaskan untuk memberikan nasihat dan peran medis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)