Bom Apa yang Digunakan Israel dalam Serangan Udara di Gaza?

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 21:05 WIB
loading...
Bom Apa yang Digunakan Israel dalam Serangan Udara di Gaza?
Jet tempur Israel menjatuhkan bom dengan teknologi canggih ke Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Serangan udara terus menjadi bagian utama dari kampanye militer Israel di Gaza dan tidak ada tanda-tanda perubahan.

Dalam setiap malam, militer Israel mengatakan sekitar 100 jet 'menjatuhkan ratusan senjata dan menghancurkan ratusan sasaran' di Gaza.

Angkatan Udara Israel sering merilis postingan media sosial yang menunjukkan pesawat yang digunakan dalam perang ini, sebagian besar adalah F-16 buatan AS ditambah F-15C Eagles dan F-15E Strike Eagles – semuanya dilengkapi dengan berbagai senjata.



Salah satu senjata utamanya adalah Joint Direct Attack Munitions (JDAMs) berpemandu presisi yang merupakan bom yang diubah menjadi senjata pintar dengan perangkat baut yang mengarahkan bom ke sasaran. Sebagian besar menggunakan navigasi GPS/INS. Ini akurat hingga beberapa meter.

Umumnya, senjata jenis ini dapat diisi dengan koordinat target dan setiap JDAM di pesawat mampu mengenai target yang berbeda. Jadi dalam satu misi, empat JDAM dari satu jet bisa mencapai empat lokasi berbeda. Bentuk senjata pintar lainnya kemungkinan juga akan digunakan.



BBC juga telah melihat jet dengan semacam pod penargetan yang dimuati. Hal ini memungkinkan pilot untuk menemukan atau melihat target baru dalam penerbangan – dan mengarahkan senjata ‘pintar’ kepada mereka selama misi, jika diperlukan.

Militer Israel tidak pernah mengatakan senjata spesifik apa yang digunakan pada sasaran tertentu, namun kemungkinan besar senjata di pesawat yang kita lihat dalam gambar dan video yang dirilis oleh militer Israel adalah senjata yang mereka gunakan dalam serangan.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)