Soal Rohingnya, Turki: Sikap Dunia Internasional Sungguh Memalukan

Minggu, 03 September 2017 - 19:43 WIB
Soal Rohingnya, Turki: Sikap Dunia Internasional Sungguh Memalukan
Soal Rohingnya, Turki: Sikap Dunia Internasional Sungguh Memalukan
A A A
ANKARA - Turki menyatakan sikap dunia internasional, yang hanya diam saja melihat penderitaan etnis Rohingnya, benar-benar memalukan. Ankara menyatakan, dunia internasional memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di Rakhine, Myanmar.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin menyatakan, Turki akan terus mempertahankan sikap terkait dengan krisis di Rakhine dan mengharapkan sikap yang sama dari negara lain.

"Turki akan terus mempertahankan sikap konstruktif dan tekadnya untuk sebuah solusi. Keheningan dunia dalam menghadapi penganiayaan terhadap Muslim Rohingya oleh pasukan keamanan Myanmar sungguh memalukan," ucap Kalin.

"Turki melanjutkan usaha dan inisiatif intensif kami di setiap tingkat untuk mengakhiri tragedi kemanusiaan di Rakhine," sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (3/9).

Sebelumnya, Turki juga mengeluarkan kecaman atas sikap diam negara-negara Muslim terhadap nasib Muslim Rohingya. Kecaman itu dilontarkan Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu.

Seperti diketahui, Kekerasan meletus di negara bagian Rakhine di Myanmar pada tanggal 25 Agustus ketika pasukan keamanan negara tersebut melancarkan operasi terhadap komunitas Muslim Rohingya. Ini memicu masuknya pengungsi baru ke negara tetangga Bangladesh, meskipun negara tersebut menutup perbatasannya untuk para pengungsi.

Laporan media mengatakan pasukan keamanan Myanmar menggunakan kekuatan yang tidak proporsional, menggusur ribuan warga desa Rohingya dan menghancurkan rumah mereka dengan mortir dan senapan mesin.

Daerah ini telah mengalami ketegangan antara populasi Budha dan Muslim sejak kekerasan komunal terjadi pada tahun 2012.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3257 seconds (0.1#10.140)