Paus Francis Dikabarkan Akan Temui Etnis Rohingnya

Senin, 28 Agustus 2017 - 21:44 WIB
Paus Francis Dikabarkan Akan Temui Etnis Rohingnya
Paus Francis Dikabarkan Akan Temui Etnis Rohingnya
A A A
VATIKAN - Pemimpin Vatikan, Paus Francis dilaporkan berencana untuk mengunjungi Myanmar dan Bangladesh pada akhir November dan awal Desember mendatang. Kedua negara itu saat ini terjebak dalam krisis mengenai minoritas Muslim Rohingya.
Melansir Russia Today pada Senin (28/8), Vatikan mengatakan Paus Francis akan mengunjungi Myanmar sejak tanggal 27 sampai 30 November, berhenti di Yangon dan di ibukota, Naypyitaw. Dia akan mengunjungi ibu kota Bangladesh, Dhaka, sejak tanggal 30 November sampai 2 Desember.
Pengumuman tersebut datang tidak lama setelah penjaga perbatasan Bangladesh mendorong ribuan Muslim Rohingya yang melarikan diri dari kekerasan terburuk di Myanmar dalam lima tahun.
Pada bulan Februari, Paus Francis mengeluarkan kritik pedas soal perlakuan terhadap komunitas Rohingya di Myanmar, dengan mengatakan bahwa mereka telah disiksa, dan dibunuh hanya karena mereka ingin menjaga budaya dan kepercayaan Muslim mereka.
Sekitar 1,1 juta orang Rohingya tinggal di negara bagian Myanmar, Rakhine, namun ditolak kewarganegaraannya dan menghadapi pembatasan perjalanan yang berat.
Situasi di Rakhine sendiri saat ini tengah memanas, setelah adanya serangan yang dilancarkan kelompok milisi Rohingnya. Serangan ini direspon oleh militer Myanmar dengan melakukan operasi pembersihan.Operasi ini membuat situasi kemanusiaan memburuk. Militer Myanmar dilaporkan tidak pandang bulu dalam melakukan serangan, karena turut menyerang wanita dan juga anak-anak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5141 seconds (0.1#10.140)