Mahkamah Agung India Melarang Cerai Instan Talak Tiga

Rabu, 23 Agustus 2017 - 04:18 WIB
Mahkamah Agung India Melarang Cerai Instan Talak Tiga
Mahkamah Agung India Melarang Cerai Instan Talak Tiga
A A A
NEW DELHI - Mahkamah Agung (MA) India melarang praktik perceraian instan dengan cara mengucapkan “talak tiga” yang biasa terjadi di masyarakat Muslim. MA dalam putusannya menyebut praktik seperti itu inkonstitusional.

Putusan ini disambut para aktivis hak-hak perempuan sebagai kemenangan besar.

Dalam sebuah keputusan panel hakim MA dengan suara 3-2, pengadilan tertinggi India tersebut menyebut cerai “talak tiga” tidak Islami.

India adalah satu dari beberapa negara di mana seorang pria Muslim bisa menceraikan istrinya dalam beberapa menit dengan mengucapkan kata talak tiga kali.

Putusan MA India itu, seperti dilansir BBC, Rabu (23/8/2017), sebagai tanggapan atas petisi publik yang menentang kebiasaan “talak tiga” di masyarakat. Selain respons terhadap petisi, putusan itu juga jawaban dari gugatan yang diajukan lima wanita Muslim yang diceraikan suaminya dengan cara mengucap talak tiga kali.

Pekan lalu, Perdana Menteri Narendra Modi memuji wanita India yang berjuang melawan praktik perceraian instan dalam pidato Hari Kemerdekaan India.

”Saya menghormati wanita-wanita yang harus menjalani kehidupan yang menyedihkan karena talak tiga dan kemudian memulai sebuah gerakan yang menciptakan lingkungan di seluruh negara melawan praktik tersebut,” kata Modi.

Pemimpin India itu melalui Twitter pada hari Selasa menyambut putusan MA. ”Larangan tersebut merupakan langkah kuat untuk pemberdayaan perempuan,” tulis PM Modi.

Publik India melalui media sosial mengapresiasi putusan MA. “Istilah talak tiga sebagai inkonstitusional bukan hanya kemenangan untuk keadilan gender tapi juga Islam,” tulis pengguna akun Twitter @iamrana.

Ada beberapa ketidaksetujuan mengenai siapa yang harus dipuji karena putusan MA itu, apakah partai penguasa BJP, Modi, atau aktivis perempuan yang telah berkampanye selama dua tahun terakhir untuk menghapuskan praktik tersebut.

“Wanita Muslim harus ingat bahwa BJP membantu mereka untuk melawan talak tiga dan para pemimpin Kongres seperti Kapil Sibbal berperang melawannya,” tulis pengguna akun @FrustIndian.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4636 seconds (0.1#10.140)