Apakah Orang yang Pernah Idap Cacar Air Bisa Terkena Cacar Monyet? Ini Kata Ahli

Senin, 23 Oktober 2023 - 10:20 WIB
loading...
Apakah Orang yang Pernah Idap Cacar Air Bisa Terkena Cacar Monyet? Ini Kata Ahli
Cacar monyet sekilas tampak mirip dengan cacar air yang sudah umum terjadi di Indonesia. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Cacar monyet sekilas tampak mirip dengan cacar air yang sudah umum terjadi di Indonesia. Cacar air disebabkan oleh virus varicella zoster (VZV). Virus varicella zoster bisa menyebar melalui kontak langsung dengan penderita.

Biasanya orang yang pernah mengidap cacar air tidak akan berisiko terkena reinfeksi. Hal itu karena tubuh orang tersebut telah memiliki kekebalan terhadap cacar.

Jadi pertanyaan sekarang, apakah orang yang pernah mengidap cacar air bisa terkena cacar monyet?



Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik (Alergi dan Imunologi) Prof. dr. Amin Soebandrio, Ph.D, Sp.MK (K) menjelaskan, cacar monyet satu famili dengan cacar varicella, satu keluarga dari poxviridae. Sehingga ketika sudah terkena cacar air risiko untuk terkena jenis cacar lainnya lagi akan lebih kecil.

"(Risiko) lebih kecil, karena kekebalan yang dihasilkan virus cacar itu berlaku seumur hidup. Biasanya sekali kena nggak bakal kena lagi," ujar Prof. Amin di Jakarta baru-baru ini.

Prof. Amin mengatakan, itu merupakan teori yang selama ini dianut ilmu kedokteran. Namun, ke depannya harus tetap diantisipasi karena tidak ada yang pernah tahu apakah virus tersebut akan bermutasi atau tidak.

"Sejauh ini kekebalan yang dimiliki (orang yang sudah terkena cacar air) itu berlaku seumur hidup. Ada kemungkinan tertular lagi? Ada, tapi kecil sehingga itu salah satu kenapa sekarang harus dipertimbangkan pemberian vaksin," terangnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2728 seconds (0.1#10.140)