alexa snippet

Dua Tentara AS Tewas di Irak Diduga Diserang ISIS

Dua Tentara AS Tewas di Irak Diduga Diserang ISIS
Para tentara Amerika Serikat (AS) yang menjalankan misi anti-ISIS di Irak. Foto/Cpl.Rachel Diehm/dvidshub.net
A+ A-
BAGHDAD - Dua tentara Amerika Serikat (AS) tewas dan lima lainnya terluka dalam sebuah operasi militer di Irak utara. Kematian kedua tentara itu diduga akibat serangan kelompok ISIS.

Laporan awal menyatakan, kematian mereka pada hari Minggu bukan akibat dari ”kontak dengan musuh”. Namun, kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dalam pernyataan online mengklaim bertanggung jawab atas terbunuhnya dua tentara AS.

Kelompok itu mengaku menembakkan roket Grad ke posisi tentara Amerika di sebelah timur Tal Afar, sebuah kota di sebelah barat Mosul yang masih berada di bawah kendali kelompok militan bersenjata itu.

”Seluruh koalisi kontra-ISIS menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga, teman, dan rekan tim pahlawan ini,” kata Letnan Jenderal Stephen Townsend, komandan koalisi anti-ISIS yang menjalankan “Operation Inherent Resolve”, dalam sebuah pernyataan.

”Mereka memiliki arti bagi negara kita dan semua bangsa koalisi karena berjuang untuk mengalahkan musuh yang benar-benar jahat dan untuk melindungi tanah air kita,” lanjut Townsend.

Utusan Khusus AS untuk koalisi anti-ISIS, Brett McGurk, mengungkapkan kesedihan atas tewasnya dua tentara tersebut.

”Mengenang orang Amerika yang bertugas di garis depan melawan teroris ISIS. Dua orang tewas hari ini di Irak utara,” tulis dia di Twitter pada hari Minggu. ”Kami menghormati dan meratapi kematian mereka,” lanjut McGurk, seperti dikutip dari Russia Today, Senin (14/8/2017).

AS memiliki lebih dari 5.000 tentara di Irak yang terlibat dalam kampanye perang melawan ISIS. Mayoritas tentara Irak ditempatkan di pangkalan dengan kekuatan penuh.

Mereka menjalankan misi bantuan logistik dan penasihat militer. Namun, ada juga beberapa dari mereka yang berada di garis depan pertempuran dengan ISIS.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top