alexa snippet

Gubernur Virginia "Usir" Demonstran Supremasi Kulit Putih

Gubernur Virginia Usir Demonstran Supremasi Kulit Putih
Demonstrasi supresmasi kulit putih di Virginia berubah menjadi kerusuhan. Foto/Istimewa
A+ A-
CHARLOTTESVILLE - Gubernur Virginia, Terry McAuliffe, mengirim pesan kepada demonstran supremasi kulit putih untuk pulang. Ia mengatakan hal tersebut setelah demonstrasi itu berlangsung ricuh dan berujung pada hilangnya nyawa demonstran

"Saya memiliki sebuah pesan untuk semua supremasi kulit putih, dan Nazi yang datang ke Charlottesville hari ini. Pesan kami jelas dan sederhana: Pulanglah. Anda tidak diinginkan dalam persemakmuran yang hebat ini. Malu pada diri Anda sendiri. Anda berpura-pura bahwa Anda adalah patriot, tapi Anda hanyalah (rudal) patriot," kata McAuliffe dalam sebuah konferensi pers.

"Anda datang ke sini hari ini untuk menyakiti orang-orang. Dan Anda melakukannya. Tapi pesan saya jelas: Kami lebih kuat dari Anda," tegasnya seperti disitir dari BBC, Minggu (13/8/2017).

Gubernur, seorang politisi Demokrat, mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan Presiden Trump, dan dua kali mendesaknya untuk memulai sebuah gerakan menyatukan semua orang bersam-sama.

Dia mengucapkan terima kasih kepada polisi dan petugas penegak hukum. Menurutnya polisi dan petugas penegak hukum lainnya telah mencegah aksi demonstrasi itu menjadi lebih buruh lagi dan memuji layanan darurat yang membantu orang-orang yang terluka.

Seorang wanita meninggal dan 19 orang terluka saat sebuah mobil menabrak kerumunan orang yang menentang demonstrasi. Sebelumnya, perkelahian jalanan meletus antara nasionalis kulit putih dan pemrotes.

Baca juga:
Pawai Supremasi Kulit Putih Rusuh, Virginia Umumkan Status Darurat
Sebuah Mobil Tabraki Massa usai Rusuh di Virginia, 1 Tewas, 19 Luka

Walikota Charlottesville mengatakan bahwa dia "patah hati" saat mendengar kabar kematian tersebut.

James Fields dari Ohio, yang diduga pengemudi mobil tersebut, ditahan karena dicurigai melakukan pembunuhan tingkat dua.

Selain mereka yang terluka dalam insiden mobil tersebut, Kepolisian Charlottesville mengatakan 15 lainnya cedera dalam kekerasan lainnya yang terkait dengan pawai kelompok sayap kanan itu.

Sore harinya, sebuah helikopter Polisi Negara Bagian Virginia jatuh di hutan di barat daya kota, menewaskan dua orang. Tidak ada tanda-tanda bahwa ini terkait dengan kekerasan.
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top